Desa Sukasari Sumedang, Kawasan Penghasil Tembakau di Jawa Barat

Para petani tembakau di Desa Sukasari memaneh hasil. (foto: istimewa)

JABARNEWS | SUMEDANG – Jika membahas tembakau, maka tak lepas dari nama Desa Sukasari. Salah satu desa di Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, ini memang sejak lama dikenal sebagai desa sentra penghasil bako atau tembakau.

Berdasarkan data Pemdes Sukasari, wilayah tersebut terdiri dari 7 Dusun, di antaranya Dusun Sukasari, Dusun Bojong, Dusun Cibogo Satu, Dusun Cibogo dua, Dusun Cisitu, Dusun Talingku dan Dusun Patenggeng.

Baca Juga:  Terima Tuntutan Aspika, Mulai Besok Karawang Boikot Produk Prancis

Dari ketujuh dusun di Desa Sukasari tersebut, empat di antaranya menjadi sentra atau paling banyak jumlah petani dan pengolah tembakau. Dusun Cibogi Satu, Dusun Cibogo dua, Dusun Talingku dan Dusun Patenggeng.

Baca Juga:  Pemprov Jawa Barat Minta Kabupaten dan Kota Segera Kirim Sampel AFP

Sementara jumlah penduduknya sebanyak 5.300 jiwa atau 1.983 Kepala Keluarga (KK). Sebagian besar warganya rata-rata berprofesi sebagai petani dan mayoritasnya adalah petani tembakau.

Baca Juga:  Bima Arya: 2021 Tahun Pertarungan Lawan Covid-19, PNS Penakut Silahkan Minggir

“Di sini itu mayoritas sebagai petani ada petani padi, ada juga petani holtikultura seperti jagung manis dan petani holtikuktura lainnya, namun mayoritas sebagai petani tembakau,” ujar Sekretaris Desa Sukasari, Asep Iso (55) seperti dikutip dari DetikJabar.