Festival UMKM, Bangkitkan Ekonomi di Kabupaten Purwakarta

Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika saat melihat stand UMKM dalam Festival UMKM di Taman Pasanggrahan Padjajaran. (Foto: Gin/Jabarnews)

Terpisah, Ketua Pelaksana Festival UMKM, Irsan Jaelani mengatakan, dalam kegiatan ini lebih dari 100 UMKM yang menampilkan produk terbaiknya dari berbagai jenis usaha seperti Kuliner, Fashion, Agrobisnis, Craft, dan sebagainya dengan konsep pameran.

“Selain itu dalam kegiatan ini juga ditampilkan berbagai macam demo-demo dari pelaku UMKM langsung seperti demo bakery, demo sablon, demo pembuatan keramik, demo membatik dan demo membuat simping khas purwakarta,” jelas Irsan.

Baca Juga:  DPRD Jabar Sebut UMKM di Kabupaten Cianjur Tetap Bertahan Meski Terdampak Covid-19

Kemudian dalam kegiatan ini juga, sambung dia, disediakan klinik usaha dimana terdapat pelayanan perizinan terhadap pelaku usaha seperti pembuatan NIB, informasi mengenai pembuatan kemasan yang baik serta informasi pengajuan produk halal dan lainnya yang berkaitan dengan UMKM.

Baca Juga:  Parah! Jelang Idul Fitri, Bupati Bogor Ade Yasin Malah Diciduk KPK

Menurut Irsan, Festival UMKM ini merupakan moment dalam bangkitnya perekononmian khususnya UMKM Purwakarta setelah sekian lama terdampak pandemi covid-19.

“Alhamdulillah bupati purwakarta mengapresiasi kegiatan ini dan berharap kegiatan ini menjadi kegiatan tahunan yang menjadi ajang untuk UMKM berkumpul mempromosikan dan memperkenalkan produknya kepada masyarakat. Ini merupakan harapan baru bagi para pelaku UMKM di Kabupaten Purwakarta,” tutur Irsan. (Gin)

Baca Juga:  DPRD dan Bupati Purwakarta Sepakati Dua Raperda Disahkan Jadi Perda