Ini 10 Rekomendasi Badan Geologi Soal Pergeseran Tanah di Rongga Bandung Barat

Bagunan sekolah roboh terdampak pergeseran tanah di Kecamatan Rongga Bandung Barat
Bagunan sekolah roboh terdampak pergeseran tanah di Kecamatan Rongga Bandung Barat. (foto: istimewa)

JABARNEWS │ BANDUNG – Puluhan rumah yang terletak di Kampung Cigombong, RT 4 RW 13, Desa Cibedug, Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat menghadapi ancaman serius akibat pergeseran tanah.

Tim dari Badan Geologi telah dikerahkan ke lokasi bencana untuk melakukan analisis terhadap kondisi tanah yang memicu kejadian ini.

Baca Juga:  Bupati Hengky Pastikan Pembangunan Jalan di Selatan KBB Rampung Februari 2023

Plt Kepala Badan Geologi, M. Wafid, menyampaikan bahwa lokasi terjadinya bencana berada di wilayah perbukitan dengan kontur bergelombang dan tingkat kemiringan yang curam.

“Dengan ketinggian 990 mdpl, daerah bencana tersusun dari berbagai material, termasuk Formasi Cimandiri (Tmc) yang terdiri dari perselingan batu lempung, batu lanau, batu pasir, gampingan, serta endapan lahar yang tersusun dari tuf, breksi andesit, dan breksi tuf,” jelas M. Wafid melalui keterangan yang diterima pada Jumat (1/3).

Baca Juga:  Wajib! ASN di Pemkab Bandung Barat Masuk 9 Mei, Bila Bolos Siap-siap Dapat Sanksi

Berdasarkan peta prakiraan bencana pergerakan tanah yang dirilis Badan Geologi, Kecamatan Rongga termasuk dalam zona berpotensi terjadinya gerakan tanah menengah hingga tinggi, terutama saat hujan dengan intensitas tinggi.

Baca Juga:  Polisi Hadiahi Timah Panas Kepada Pelaku Pencurian di Asahan