Pemkab Bogor Targetkan Belanja Daerah Rp9,51 Triliun, Begini Rinciannya

Sekda Kabupaten Bogor, Burhanudin
Sekda Kabupaten Bogor, Burhanudin. (foto: istimewa)

JABARNEWS │ BOGOR – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor menetapkan target belanja daerah sebesar Rp9,51 triliun dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) tahun 2024.

Hal itu seperti diungkap Sekretaris Daerah Kabupaten Bogor, Burhanudin, dalam Rapat Paripurna Penyampaian Nota Keuangan RAPBD 2024 di Gedung DPRD Bogor. Menurut Burhanudin, anggaran tersebut terbagi ke dalam beberapa sektor.

Baca Juga:  Dua Pelaku Penyelundupan Solar di Bogor Terancam 6 Tahun Penjara dan Denda Miliaran Rupiah

Dari total belanja daerah, sebanyak Rp6,63 triliun dialokasikan untuk belanja operasi, Rp1,21 triliun untuk belanja modal, Rp30 miliar untuk belanja tidak terduga, dan Rp1,63 triliun untuk belanja transfer.

Baca Juga:  Umur Sudah Kepala Tiga Tapi Ingin Tetap Awet Muda, Gimana Caranya?

Di kesempatan tersebut, Burhanudin menekankan bahwa belanja untuk kebutuhan publik masih mendominasi, mencapai 67 persen dari total belanja daerah.

Dari sisi belanja aparatur, sebesar Rp3,16 triliun atau 33 persen dari total belanja daerah. Burhanudin menyebutkan bahwa dalam RAPBD 2024, sektor pendidikan mendapat alokasi sebesar Rp2,74 triliun atau 28,85 persen, sementara bidang kesehatan dialokasikan Rp1,73 triliun atau 18,21 persen.

Baca Juga:  Pemkot Bogor Banyak Temukan Kecurangan dalam PPDB 2023, Sanksi Menanti Siswa