Polda Jawa Barat Amankan 725 Anggota GMBI, Buntut Unjuk Rasa Berujung Ricuh

Polisi mengamankan ratusan anggota GMBI usai aksi yang berujung ricuh di depan Markas Polda Jabar, Kota Bandung pada Kamis (27/1/2022). (Istimewa)

JABARNEWS | BANDUNG – Polda Jawa Barat menyatakan sebanyak 725 anggota Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI) diamankan akibat aksi berujung bentrokan di depan Polda Jawa Barat, Jalan Soekarno-Hatta, Kota Bandung, Kamis (27/1/2022).

Kabid Humas Polda Jawa Barat Kombes Pol Ibrahim Tompo mengatakan ratusan orang itu diamankan dan digiring ke halaman Polda Jawa Barat. Ratusan orang itu diduga melakukan perusakan fasilitas Polda Jawa Barat.

Baca Juga:  Yana Mulyana Yakini Kasus PMK di Kota Bandung Relatif Terkendali

“Tindakan yang dilakukan Polri ini untuk menjaga kewibawaan kepolisian sebagai institusi negara,” kata Ibrahim, seperti dilansir Antara.

Tindakan tersebut merusakkan gerbang pintu, sejumlah pagar patah, lampu pagar rusak, dan taman di depan Polda Jawa Barat rusak.

Baca Juga:  Pemkot Bandung Minta Warganya Waspada Soal Ini

Menurutnya, saat kejadian, ratusan anggota ormas itu berupaya masuk ke komplek Polda Jawa Barat. Namun aparat dikerahkan untuk melakukan pengamanan terhadap aksi tersebut sehingga terjadi sejumlah pelemparan batu kepada petugas. 

Baca Juga:  Rupanya Usulan Pemekaran Tiga Daerah di Jawa Barat Terkendala Ini