Dorong Budaya Baca, Gebyar Perpustakaan Keliling Hadir di Desa Maja Selatan Majalengka

JABARNEWS | MAJALENGKA – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Jawa Barat (Dispusipda Jabar) menggelar Gebyar Perpustakaan Keliling di Kantor Desa Maja Selatan, Kecamatan Maja, Majalengka, Rabu (6/10/2021).

Gebyar Perpustakaan Keliling Implementasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial di Majalengka itu mengusung tema “Literasi untuk Majalengka Raharja dan Jawa Barat Juara Lahir Batin”.

Kepala Dispusipda Jabar Ahmad Hadadi menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan agar masyarakat Jawa Barat lebih literat, indeks budaya baca meningkat, serta agar masyarakat menjadi SDM unggulan. 

Baca Juga: Ribuan Siswa Ikuti Vaksinasi di SMK 45 Lembang, Ada yang Pingsan Takut Disuntik

Dalam mencapai hal tersebut, Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Dispusipda Jabar berupaya terus melakukan sosialisasi agar masyarakat lebih meningkat budaya baca.

Baca Juga:  FTBM Dorong Lebih Banyak Pojok Baca

Upaya tersebut di antaranya adalah dengan melengkapi sarana dan prasarana perpustakaan, seperti koleksi bahan bacaan.

Upaya lain yang dilakukan ialah dengan meningkatkan partisipasi ASN agar menyumbangkan buku yang aktual dan relevan bagi masyarakat. 

Baca Juga: Dua Hari Pencarian, Gadis Hanyut Tenggelam di Perairan Nusa Dua Cianjur Ditemukan Tewas

Selain itu, juga peningkatan akreditasi Lembaga Perpustakaan. “Saat ini masih di bawah 5 persen lembaga-lembaga perpustakaan yang terakreditasi di Jawa Barat”, ungkap Hadadi.

Selain itu, Dispusipda Jabar terus berusaha menghadirkan perpustakaan di seluruh pelosok Jawa Barat serta pojok baca dan juga taman bacaan. 

Juga dalam menyambut era revolusi industri 4.0, digalakkan Sosialisasi Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial.

Baca Juga:  Esteban Vizcarra Masih Belum Bisa Diturunkan Lawan Tira-Persikabo

Baca Juga: Kisruh Proyek SPAM di Kota Bandung, Ratusan Warga Bersama 10 Pengacara Layangkan Somasi

Hal tersebut tidak hanya menjadikan perpustakaan sebagai penyimpan dan tempat membaca buku, tetapi juga  sebagai pusat latihan dan pertemuan para stakeholder.

Para stakeholder itu yakni pemustaka, pustakawan dan praktisi dalam peran Pemulihan Ekonomi Daerah (PED) yang kini sedang berjalan.
 
Bupati Majalengka Karna Sobahi menyampaikan bahwa di Desa Maja, sudah terdapat Ruang Perpustakaan khusus bagi masyarakat dan juga memiliki Layanan Perpustakaan Keliling. 

Baca Juga: Tiga Cara Menyimpan Telur Dengan Benar Agar Kandungan Nutrisi Terjaga

Selain itu, untuk pengembangan perpustakaan digital, Kabupaten Majalengka juga bekerja sama dengan UIN Bandung dan menggelar kegiatan Festival Literasi.

Baca Juga:  Ramai Isu Demokrat, Di Purwakarta Tempat Cuci Tangan Dari Partai Itu Akan Dibongkar

Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum menyampaikan bahwa berbagai inovasi dan kolaborasi akan berdampak pada pelayanan bagi masyarakat yang lebih prima. 

“Pemprov Jabar kini memiliki inovasi dengan harapan dan keinginan para pemimpin di daerah sesuai dengan levelnya masing-masing, melakukan inovasi ke arah yang lebih baik untuk melayani masyarakat lebih prima.”

Baca Juga: Tiga Cara Ini Bisa Kalian Lakukan Agar Kamar Tidur Aesthetic

‘Semoga dengan hadirnya berbagai inovasi dan kolaborasi dalam meningkatkan kegemaran membaca dan membudayakan budaya literasi, dapat menjadikan masyarakat Jawa Barat Juara Lahir dan Batin,” katanya.***