Uu Ruzhanul Sebut Ekonomi Jabar Bangkit dan Merata Pasca Pandemi, Benarkah?

JABARNEWS | CIANJUR – Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum menyebut bahwa ekonomi Jabar telah bangkit dan merata pasca pandemi Covid-19.

Oleh karena itu, Uu Ruzhanul Ulum mengatakan, Pemda Provinsi Jabar terus menggerakkan perekonomian perdesaan sebagai salah satu strategi untuk bangkit pasca pandemi Covid-19.

“Dalam rangka meningkatkan ekonomi, Pak Gubernur tidak hanya ingin ekonomi meningkat, di samping itu, ingin juga ada pemerataan ekonomi,” kata Uu Ruzhanul Ulum saat menghadiri webinar dengan tema “Strategi Inovasi dan Daya Saing Daerah dalam Upaya Peningkatan Ekonomi Pascapandemi” bersama Universitas Indonesia via konferensi video dari SMK Negeri 1 Bojongpicung, Kabupaten Cianjur, Senin, 1 November 2021.

Baca Juga:  Pemuda Harus Berkontribusi Dalam Pembangunan

Baca Juga: Perkelahian Pelajar SMK di Sukabumi, Polisi Tangkap Pelaku Pembacokan Maut

Baca Juga: Musda Golkar Kota Bekasi Digelar di Dua Tempat, Mana yang Sah?

Menurut Uu Ruzhanul Ulum, pemerataan ekonomi melalui pembangunan perdesaan perlu dilakukan karena mayoritas masyarakat Jabar tinggal di desa. “Dalam rangka meningkatkan ekonomi, desa jadi prioritas,” ucapnya.

Pemda Provinsi Jabar, lanjut Uu Ruzhanul Ulum, sudah menggagas sejumlah program untuk mengembangkan perekonomian perdesaan. Mulai dari One Pesantren One Product (OPOP) sampai mengembangkan Desa Wisata.

Baca Juga:  Di Lorong Mesjid, Pelaku Lakukan Pelecehan 5 Anak di Purwakarta

Baca Juga: Diancam Hukuman Setahun Penjara, Rachel Vennya Nyatakan Siap Dijadikan Tersangka

Baca Juga: Dari Makan Muntah ke Masturbasi Timun Bersambal, Ini Kesaksian Mantan Napi Lapas Pakem

“Sehingga di kami ada desa kaos kaki, desa sendal, ada desa itu dan ini, kami dorong satu desa punya satu produk unggulan,” tuturnya.

Selain itu, Pemda Provinsi Jabar sedang berupaya melakukan regenerasi petani melalui program Petani Milenial. Regenerasi dilakukan agar produktivitas sektor pertanian di Jabar meningkat. Kemudian, ada juga program Santani atau Santri Tani.

Pemda Provinsi Jabar pun intens mendorong pelaku ekonomi kreatif di Jabar. “Pak Sandiaga Uno (Menparekraf) sudah berapa kali datang ke beberapa desa di Jabar, kami berterima kasih atas dukungannya,” ujarnya.

Baca Juga:  Realisasi PMDN Semester I Capai Rp 26,7 Triliun, DKI Tertinggi se-Indonesia

Uu Ruzhanul Ulum mengungkapkan, Pemda Provinsi Jabar mengedepankan kolaborasi dengan berbagai pihak. Selain itu, digitalisasi juga jadi hal utama agar seiring dengan kemajuan jaman.

Baca Juga: Besok Mulai Beroperasi Gratis, Ini Rute dan Syarat Naik Bus Trans Pakuan Kota Bogor

Baca Juga: Pergi Naik Bus, Mantan Pemain Asing Persib Ini Mengalami Pencopetan

“Kalau inovasi tanpa dibarengi kolaborasi tidak akan ngabret,” tandasnya.***