Genjot Capaian Vaksinasi, Kecamatan Sukasari Purwakarta Lakukan Berbagai Inovasi Ini

JABARNEWS | PURWAKARTA – Percepatan vaksinasi di wilayah Kecamatan Sukasari, Kabupaten Purwakarta terus dimaksimalkan. 

Untuk mengejar target tersebut, pihak Kecamatan Sukasari berupaya menggenjot capaian vaksinasi Covid-19 hingga menyasar masyarakat yang berada di ujung Purwakarta itu.

Camat Sukasari, Muhammad Kosim mengatakan, hingga 2 Desember 2021 sekarang, capaian vaksinasi covid-19 di Kecamatan Sukasari baru mencapai 53,57 persen atau sekitar 6.159 orang dari target sebanyak 14.370 jiwa.

Baca Juga: Puluhan Tempat Sampah Didistribusikan Satgas Citarum Harum di Kecamatan Jatiluhur, Ini Tujuannya

Baca Juga: Waspada! Ini Dia Tiga Efek Samping Setelah Sembuh Dari Demam Berdarah

Menurutnya, antusiasme warga mengikuti vaksinasi Covid-19 secara massal cukup baik. Hal itu diketahui dari tingginya animo mereka mengikuti program nasional tersebut.

Baca Juga: Puluhan Tempat Sampah Didistribusikan Satgas Citarum Harum di Kecamatan Jatiluhur, Ini Tujuannya

Baca Juga:  Mahasiswa UMSU Medan Tenggelam di Sungai Bah Bolon Serdang Bedagai

Baca Juga: Sopir Bus Asal Jakarta Tewas Dibunuh di Medan, Ini Motif Peluku

“Hanya sedikit kendala di sini karena infrastruktur dan jaraknya, jarak tempuhnya masyarakat ke lokasi atau ke desa maupun ke puskesmas ini sangat jauh,” ucap pria yang akrab disapa Bah Ocim itu, pada Kamis, 2 Desember 2021.

Selain itu, lanjut dia, masyarakat sukasari tinggalnya tidak di suatu kawasan tertentu tapi terpecah mengikuti kondisi alam.

“Sehingga vaksinasi tidak bisa dilaksanakan secara terpusat di satu lokasi. Maka dari itu kami melaksanakan vaksinasi ini dengan datang langsung ke tingkat RW dan tak menutup kemungkinan vaksinasi ini akan digelar hingga tingkat RT,” ucap bah Ocim.

Baca Juga:  Gerbang Pedang Pora, Meriahkan Pisah Sambut Kapolres

Ia menambahkan, mayoritas masyarakat di Kecamatan Sukasari berprofesi sebagai petani, maka tak jarang jika vaksinasi digelar pagi hari banyak warga yang tidak hadir.

Baca Juga: Ini Alasannya Kenapa Kalian Harus Mandi Ketika Masuk Rumah

Baca Juga: Selahan Motor Kalian Macet? Awas, Bisa Jadi Ini Penyebabnya

“Masyarakat di Kecamatan Sukasari ini kebanyakan petani, kalo vaksin dilaksanakan pagi, warga masih di sawah, kebun atau ladang jadi gak pada hadir. Sehingga terkadang kami melaksanakan vaksin di sore hari,” ucapnya.

Bah Ocim menyebut, vaksinasi sore ini untuk mengakomodasi warga yang tidak bisa meninggalkan kegiatan atau pekerjaannya pada pagi-siang hari.

“Upaya itu sekaligus ditempuh untuk memberikan edukasi, pentingnya pelaksanaan vaksin Covid-19 bagi masyarakat,” ungkapnya.

Baca Juga: Lima Cara Mengatasi Iritasi Akibat Mencukur Kumis dan Janggut

Baca Juga:  Tampang Pelaku Arisan Fiktif di Karawang, Korban Capai 50 Orang dan Kerugian hingga Rp1,9 Miliar

Dia menilai, dengan perluasan jam pelayanan vaksinasi ini, pihaknya semakin optimis bahwa target vaksinasi di Kecamatan Sukasari akan tercapai dalam waktu dekat.

“Berbagai upaya terus kami lakukan bersama TNI dan Polri demi tercapainya target vaksinasi Covid-19 ini. Seperti yang dilakukan para Kepala Desa, Babinkantibmas, Babinsa hingga RW dan RT terus gencar sosialisasi terkait pentingnya vaksinasi kepada masyarakat,” ucap Bah Ocim.

Ia mengklaim, upaya kerja sama dan gotong royong vaksinasi Covid-19 dengan semua pihak, diharapkan mampu menghentikan penyebaran Covid-19.

“Minimalnya kita ada satu kesadaran artinya setelah kita divaksin berarti kita sudah menjaga diri, menjaga keluarga, menjaga lingkungan sekitar kita. Tapi jangan lupa proksesnya tetap dijalankan,” ucap Bah Ocim. (Gin)