Ridwan Kamil Sebut Tahun 2022 Ekonomi Jabar Pulih

Gubernur Jabar Ridwan Kamil optimististis tahun 2022 merupakan tahun pemulihan ekonomi. (Yan/Jabarnews)

JABARNEWS | BANDUNG – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil optimististis tahun 2022 merupakan tahun pemulihan ekonomi pasca-COVID-19 dan menargetkan untuk tingkat kunjungan ke Jabar mencapai 40 jutaan wisatawan. 

Ia berharap di tahun ini kunjungan wisatawan terus mengalami kenaikan seperti masa kejayaan wisatawan Jabar pada 2018. Hal ini dikatakan Ridwan Kamil saat menghadiri acara West Java Calendar of Event (WJCOE) 2022 di Hotel Pullman, Kota Bandung, Selasa (15/2/2022).

Baca Juga:  Ridwan Kamil Disentil Haru Suandharu Soal Pj Gubernur Jabar Tinggal Duduk Manis: Inget PR!

“Semoga sumbangan pariwisata Jawa Barat di tahun 2022 bisa meningkat. Target kita antara 36 juta sampai 40 juta wisatawan. Mudah-mudahan terus meningkat, sehingga sampai ke level yang dulu pernah di puncak kejayaan tahun 2018, sekitar 60 jutaan,” kata Ridwan Kamil. 

Baca Juga:  Gowes Bareng Di Subang, Dua Institusi Berbaur

Ada beberapa indikator yang membuat dirinya optimistis sektor pariwisata bisa bangkit dan meraup banyak wisatawan. Pertama, jika pandemi COVID-19 akibat Omicron segera melandai. 

Baca Juga:  Tim Investigasi Panggil Pimpinan Ponpes Al-Zaytun, Ridwan Kamil Ingin Panji Gumilang Datang

Berikutnya adalah pertumbuhan ekonomi Jabar kini sudah mulai kembali rebound. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), ekonomi Jabar tumbuh sebesar 3,74 persen atau membaik jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang mengalami kontraksi 2,52 persen (year on year/yoy).