Unik! Epos Lukisan-Lukisan Bali yang Tak Biasa dari Teja Astawa

Lukisan karya Teja Astawa saat dipamerkan di Lawangwangi, Kabupaten Bandung Barat, Jumat (15/12/2023). (Foto: Rian/JabarNews).

“Hal ini telah menjadikan karya-karya Teja lebih memikat dan mengesankan. Atas rekomendasi dari Jean Coutea, penulis seni rupa di Bali, bahwa Teja Astawa adalah satu-satunya seniman Bali yang brilian dalam mengeksekusi warna pada lukisannya. Kemudian saya mulai mengoleksi lukisan karya tahun 1994 padahal saya baru mengenal seniman ini di tahun 2006,” kata Andowati.

Baca Juga:  Dinsos Jabar Bentuk Forum Kerjasama Tripartit Plus Griya Bina, Sasar Gelandangan dan Pengemis

Direktur Zen1 Gallery Nico Kuswanto mengatakan bahwa Galeri Zen1 mulai bekerjasama dengan Teja Astawa pada tahun 2019. Buat saya Teja satu-satu seniman Bali yang bisa kombinasan tradisi seni Bali dan seni kontemporer pada lukisannya.

Baca Juga:  Ke Kapuas, Ini Agenda Dirjen PPKTrans Kemendesa Aisyah Gamawati

Pameran ini adalah pameran yang paling komplit dalam menyajikan periodisasi karya-karya Teja Astawa di Lawangwangi Creative Spase, karena bisa menyajikan karya lama dan karya paling baru.

Kurator pameran ini Rizki Ahmad Zaelani menjelaskan secara rinci bahwa lukisan-lukisan mutakhir Teja Astawa sepenuhnya mengembangkan inspirasinya dari tradisi seni Kamasan hingga menjadi perkembangan karakter ekspresi lukis Bali yang belum pernah dikerjakan para seniman lainnya.

Baca Juga:  Bikin Ngilu! Ini Kronologi Seorang Tewas saat Tebang Pohon di Garut

Sebelumnya, Teja telah menunjukkan kecenderungan mengerjakan karya figurative dengan inspirasi bentuk-bentuk yang berasal tradisi wayang.