Waaaw … Pasangan Yossi-Aries Janji Akan Naikan Honor RT/RW Jadi Rp. 2 Juta

JABARNEWS | BANDUNG – Pasangan Calon Walikota dan Wakil Wali Kota Bandung nomor urut 2, Yossi Irianto-Aries Supriatna, berencana menaikan honor RT dan RW di Kota Bandung. Bahkan pasangan Hebring ini akan memberikan honor RT dan RW di kisaran Rp 2 juta per bulan.

Terkait itu Calon Wakil Walikota Bandung, Aries Supriatna, mengatakan, selama ini pihaknya sering menerima masukan maupun keluhan dari para Ketua RT dan RW di Kota Bandung yang meminta agar honor mereka dipertimbangkan untuk naik.

Pasalnya, honor yang ada saat ini yang hanya Rp 300 ribu per bulan dinilai tidak sebanding dengan beban kerja dan tanggung jawab para aparat kewilayahan tersebut. Oleh karena itu, kenaikan honor tersebut dinilai wajar mengingat ke depan beban kerja RT dan RW akan semakin berat.

Baca Juga:  Dilaporkan Aniaya Anak Dibawah Umur, Oknum Kades di Serdang Bedagai Pilih Bungkam

“Kami setuju honor RT dan RW untuk dinaikkan minimal di kisaran Rp 2 jutaan. Hal ini menjadi prioritas kami karena nanti RT dan RW akan jadi ujung tombak untuk membantu program-progran Pemkot Bandung,” kata Aries, saat melakukan dialog dengan Pengurus RT dan RW di sela-sela kampanye di kawasan Arcamanik, Kota Bandung, Senin (5/3/2018).

Menurut pasangan yang memiliki jargon Bandung Hebring itu, bila pasangan Yossi-Aries terpilih, pihaknya akan memberdayakan secara maksimal peran RT dan RW. Salah satu tugas utama RT dan RW ke depan, kata Aries, yakni untuk menghimpun data yang valid dan akurat mengenai data-data sosial-ekonomi warga masyakat Kota Bandung di masing-masing RT/RW.

Baca Juga:  Nelayan Subang Keluhkan Kelangkaan Solar, Jadi Sering Gagal Melaut

Sebagai contoh, RT dan RW akan ditugaskan untuk memberikan data yang valid dan akurat mengenai warga masyarakatnya seperti mengenai data pekerjaan warga, penghasilan, jumlah anggota keluarga, hingga kondisi rumah warga. Data-data itu akan terus di-up date setiap tiga bulan.

“Data-data mengenai kondisi sosial ekonomi yang diberikan RT dan RW itu akan dipergunakan sebagai dasar bagi pemerintahan Yossi-Aries untuk menetapkan kebijakan mengenai penanggulangan kemiskinan. Sebab RT dan RW-lah yang paling tahu kondisi warganya,” tutur Aries.

Baca Juga:  Cegah Lonjakan Covid-19, Di Pematangsiantar Pesta Kembang Api Saat Perayaan Tahun Baru Dilarang

Selain itu, guna memudahkan tugas RT dan RW ke depan, kata suami Ketua DPRD Jawa Barat, Ineu Purwadewi Sundari itu, pasangan Yossi-Aries akan membuat sebuah aplikasi program elektronik yang akan memudahkan pengurus RT dan RW dalam melaporkan pendataan kependudukan tersebut.

“Hal ini sesuai dengan tujuan kami yang ingin mewujudkan pemerintahan yang hebat programnya dan ringkas pelayanannya. Tidak ada ribet-ribet,” ungkapnya sambil tersenyum. (Wan)

Jabarnews | Berita Jawa Barat