90.596 Warga Bandung Barat Butuh Bantuan Air Bersih

JABARNEWS | BANDUNG BARAT – Sebanyak 90.596 warga yang tinggal di lima kecamatan di Kabupaten Bandung Barat mengalami krisis air bersih. Kelima Kecamatan itu yakni Cipeundeuy, Parongpong, Cipongkor, Saguling, dan Cikalongwetan. Kondisi itu dipicu karena sudah lebih dari dua bulan kawasan Kabupaten Bandung Barat tidak pernah diguyur hujan.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung Barat, menyebutkan, di Kecamatan Cipeundeuy, kekeringan melanda satu desa dengan warga terdampak 948 jiwa. Kemudian di Kecamatan Cikalongwetan, 13 desa dengan warga terdampak 74.496.

Baca Juga:  Sekda Bogor Geram Ada Yang Buang Belasan Karung Sampah APD Sembarangan

Sementara, untuk krisis air bagi lahan pertanian di Kecamatan Cipongkor terdapat di 14 desa dengan lahan terdampak 396 hektare. Di Cipeundeuy ada 12 desa dengan lahan terdampak 714 hektare dan Parongpong 6 desa dengan 63 hektare.

Baca Juga:  Lapas Narkotika Kelas IIA Jelekong Bebaskan 30 Warga Binaan

“Dinas PUPR melalui UPTD Pertamanan siap menyalurkan empat mobil tangki berukuran 5.000 liter ke wilayah yang kekurangan air. Bantuan itu siap didistribusikan kapan ada permintaan dari masyarakat,” ujarnya.

Ditambahkannya, ada juga program air bersih melalui penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat melalui Bapelitbangda. Pada 2018, terdapat 32 titik dan tahun sebelumnya 36 titik air bersih. Kemudian dari Dinas PUPR bidang Sanitasi, ada program pembangunan MCK dan pengeboran air di sembilan titik, tiga di antaranya di Kecamatan Cipongkor.

Baca Juga:  Jelang Piala Menpora 2021, Dispora Kota Bandung Fokus Rawat Rumput Stadion GBLA

“Kami juga akan terus memaksimalkan penyaluran bantuan ke sejumlah lokasi agar masyarakat bisa mendapatkan air bersih untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari,” pungkasnya. (Des)

Jabarnews | Berita Jawa Barat