Antisipasi Banjir, Pemkab Subang Normalisasi Situ Sukamelang

JABARNEWS | SUBANG – Antisipasi banjir akibat pendangkalan sungai, Pemkab Subang lakukan normalisasi Situ Sukamelang.

“Iya, giat normalisasi ini bertujuan meminimalisir dampak banjir yang kerap terjadi saat musim hujan. Masyarakat tidak mau tahu, ini kewenangan pemprov apa pemkab, jadi kami memutuskan melakukan upaya pengerukan,” ujar Ating Rusnatim yang memimpin langsung acara tersebut. Selasa (7/8/2018).

Baca Juga:  Dua Pekan Terakhir, Kasus Positif Covid-19 di Kota Bogor Alami Penurunan

Selain pengerukan endapan lumpur, juga dilakukan perbaikan-perbaikan disekitar situ. Normalisasi tersebut diharapkan membuat wilayah Sukamelang baik itu jalan, perumahan ataupun lahan pesawahan terbebas dari banjir.

“Karena endapan lumpur yang sangat tinggi, sehingga saat hujan lebat pasti meluap dan menyebabkan banjir. Karena ini sifatnya kedaruratan, pengerukan sesuai kemampuan kita,” tambah Ating.

Baca Juga:  Museum Kota Bandung Resmi Dibuka Hari Ini

Ia berharap, setelah dinormalisasi situ Sukamelang bisa dikembangkan menjadi tenpat wisata air, kuliner dilingkungannya sehingga bisa meningkatkan taraf hidup masyarakat.

“Saya sangat yakin ko, kalau air situ ini bersih dan ditata bisa menjadi obyek wisata yang terintegrasi sehingga nantinya dapat meningkatkan taraf hidup dan perekonomian warga sekitar situ,” katanya

Baca Juga:  Ekonomi Jadi Sorotan Utama Emil Bila Terpilih Gubernur Jabar

Kerja bakti masal penataan normalisasi Situ Sukamelang tersebut juga merupakan salah satu rangkaian kegiatan Pemkab Subang memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-73 tahun. (Mar)

Jabarnews | Berita Jawa Barat