Lebihi Target, Jabar Sudah Cetak 129 Ribu Wirausaha Baru

JABARNEWS | BANDUNG – Sejak digulirkan pada tahun 2013 oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat, pencetakan Wirausaha Baru (WUB) melebihi target 100 ribu WUB. Hingga akhir tahun 2017 tercatat telah berhasil mencetak WUB sebanyak 129 ribu hasil kerjasama dari 13 OPD Pemprov Jabar dan unsur Jabar Masagi.

129 WUB berasal dari 27 Kota dan Kabupaten di Jabar yang memiliki usaha bisnis bervariatif sesuai dengan kompetensi masing-masing. Mereka dilatih bagaimana menjadi enterpreneurship yang baik dan diberikan kemudahan akses keuangan oleh Pemprov Jabar.

Baca Juga:  Waspada Merokok Di Kawasan Tanpa Rokok Bisa Disanksi Kurungan

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) usai meresmikan acara gelar produkn di halaman Gedung Sate, Minggu(6/5/2018). Mengatakan, saat ini Indonesia membutuhkan 5,8 juta pengusaha muda baru bila ingin memenangkan kompetisi di pasar tunggal ASEAN.

Lahirnya WUB juga dapat membuka kesempatan kerja baru untuk mengurangi pengangguran dan mendorong pertumbuhan ekonomi. Pasalnya jika semua berfikir mencari pekerjaan maka tidak akan tertampung hinga pengangguran bertambah.

Namun, lanjut Aher, pencetakan WUB saja tidaklah cukup. Diperlukan gelar produk wirausaha yang menampilkan karya produk-produk yang sudah dilatih. Hal itu disamping untuk mempromosikan produk, juga untuk membangun jejaring dengan sesama pebisnis dan bertemu dengan buyers seperti modern market.

Baca Juga:  Di Subang, Baru Dua Parpol Daftarkan Bacaleg Ke KPU

Aher optimis hal tersebut akan tercapai mengingat di era ekonomi digital saat ini, teknologi sangat membantu wirausahawan untuk berkinerja lebih tinggi baik dari segi produktivitas maupun pemasaran. Tahun 2018 ini pemasaran melalui e-commerce nilai transaksinya diperkirakan mencapai Rp 144 Triliun.

“Mari kita beli produk-produk mereka dan UMKM Jabar sebagai wujud keikutsertaan pengembangan WUB dan mencintai produk dalam negeri,” kata Aher.

Baca Juga:  Hati-hati, Perkembangan Teknologi Digital Bawa Dampak Negatif Terhadap Anak

Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Jabar, Dudi Sudrajat (WUB), mengatakan, digelarnya produk 1000 Wira Usaha Baru (WUB) untuk memberikan apresiasi, motivasi dan mendorong serta menumbuh kembangkan jiwa wirausaha bagi pengusaha muda yang berpotensi.

“Peserta gelar diikuti seribu orang terdiri dari WUB dari 13 OPD pelaksana program, perguruan tinggi, binaan dari Perbankan di Jabar, binaan dari Kadin dan Hipmi Jabar,” ujar Dudi.(Wan)

Jabarnews | Berita Jawa Barat