Bawaslu Minta Warga Jabar Bijak Sikapi Seruan #2019GantiPresiden

JABARNEWS | BANDUNG – Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Jawa Barat, Wasikin Marzuki mengimbau masyarakat agar lebih bijak dalam bersikap terhadap maraknya seruan tagar #2019GantiPresiden.

Tidak hanya itu, ia berharap masyarakat Jawa Barat yang pro terhadap gerakan tersebut agar tidak memunculkan provokasi yang menyinggung kepada pihak-pihak yang menolak eksistensi tagar tersebut.

Baca Juga:  Waduh! Kasus KDRT dan Kekerasan Seksual Anak di Sukabumi Masih Tinggi

’’Masyarakat harus tertib, masyarakat harus menyampaikannya dengan tidak menyinggung siapapun,” ujar Wasikin di Trans Luxury Hotel Kota Bandung Jawa Barat, Selasa (28/8/ 2018).

Ia memaparkan, Bawaslu menyerahkan sepenuhnya kewenangan menangani seruan tagar tersebut kepada aparat kepolisian. ’’Itu bukan sebuah kampanye karena calon presiden dan wakil presiden belum ditetapkan. Sesuai prosesur, harus meminta izin kepada kepolisian,” katanya.

Baca Juga:  DPRD Garut Desak Polda Usut Kasus OTT BKD

Wasikin menambahkan, pihaknya tidak bisa berbuat banyak jika seruan tersebut menggelar aksi di Jawa Barat meski Komisi Pemilihan Umum (KPU) pusat belum menetapkan pasangan calon presiden dan wakil presiden.

Baca Juga:  BMKG: Hujan Lebat Disertai Kilat Potensi Terjadi di Pulau Jawa

’’Bawaslu memandang itu dinamika, bukan masalah diperbolehkan atau tidak diperbolehkan. Kegiatan itu terjadi saat calon presiden dan wakil presiden belum ditetapkan, kalau sudah ditetapkan baru argo jalan,” katanya. (Wan)

Jabarnews | Berita Jawa Barat