Bayi Harimau Asal India Itu, Oded Namai ‘Donggalah’

JABARNEWS | BANDUNG – Tepat 22 Agustus 2018 lalu, bayi harimau asal India, anak dari jantan Sharu Khan dan betina Syla, lahir di kebung Binatang atau Bandung Zoo. Dan hari ini Wali Kota Bandung, Oded M Danial memberi nama harimau benggala itu dengan sebutan Donggalah.

“Saya diminta untuk memberi nama. Lalu saya teringat peristiwa gempa-tsumani di Donggala Sulawesi Tengah. Jadi saya terpikir nama Donggala. Namun karena ini betina maka saya tambahkan ‘H’ menjadi Donggalah,” kata Oded saat menghadiri serah terima donasi dari Cee4life ke Bandung Zoo, Kamis (4/10/2018).

Baca Juga:  Polres Subang Berikan Penghargaan Pada Anggota Berprestasi

“Nama ini juga saya sandarkan untuk peristiwa gempa di Donggala. Di masa akan datang, nama itu juga menjadi pengingat ada peristiwa gempa Donggala,” lanjutnya.

Oded berharap, para keeper Zoo Bandung merawat Donggalah dengan baik. Terlebih Donggalah merupakan harimau betina. Sehingga suatu saat nanti bisa memiiki keturunan.

Baca Juga:  Beras BPNT Buruk, Pemkab Tasikmalaya Minta Masyarakat Untuk Kembalikan

Tak hanya Donggalah, Oded juga meminta kepada pengelola Bandung Zoo agar terus memelihara koleksi binatang lainnya.

“Jaga dan pelihara terus kebun binatang ini. Bagi warga yang berkunjung, saya juga minta agar mentaati aturan yang ada. Jangan sampai peristiwa yang lalu-lalu terjadi kembali. Tidak boleh ada yang menyakiti binatang,” pinta Oded.

Sekedar informasi, Donggalah sebenarnya lahir bersama dengan satu ekor lainnya. Namun sayangnya sodara Donggalah dimakan induknya saat lahir.

Baca Juga:  Kota Bogor Jadi 'Surga' Pelaku Vandalisme

Donggalah Lahir menjelang subuh pada Kamis 22 Agustus 2018. Saat lahir beratnya kurang dari satu kilogram. Diambil dari induknya kemudia dirawat bagian nursery untuk disusui dan dihangatkan sesuai kebutuhan.

Berkat ketelatenan para “keeper”, kini Donggalah sudah bisa berjalan. Sebelum Donggalah, induk harimau tersebut juga melahirkan dua ekor benggala tahun lalu. Dan kini kedua anaknya sudah berusia satu tahun lebih. (Vie)

Jabarnews | Berita Jawa Barat