Begini Cara Memilih Susu Untuk Penderita Diabetes

JABARNEWS | BANDUNG – Diabetes bukan halangan untuk menikmati kelezatan susu. Ada banyak khasiat susu yang bisa membawa manfaat bagi penderita diabetes.

Diabetes atau kencing manis merupakan penyakit kronis yang ditandai dengan kadar gula darah yang tinggi. Oleh karena itu, penderita diabetes harus membatasi konsumsi gula, termasuk makanan dan minuman yang manis.

Karena hal tersebut, berikut beberapa cara memilih susu untuk penderita diabetes yakni:

Baca Juga:  Polsek Sindangwangi Promosikan Asean Games

Pertama. Pilihlah susu yang rendah gula – Susu unta diketahui mengandung nutrisi yang dapat membantu penderita diabetes mengendalikan kadar gula darah. Namun sebelum mengkonsumsinya, pastikan susu unta yang dikonsumsi sudah dipasteurisasi.

Selain itu, kadar gula yang tinggi pada minuman atau makanan dapat berujung pada penumpukan lemak perut yang bisa memperparah komplikasi diabetes dan menimbulkan masalah kesehatan yang lain.

Kedua. susu yang rendah lemak dan tinggi protein – Diabetes cenderung mengurangi kadar kolesterol baik dan meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Jika dibiarkan, kolesterol tinggi dapat meningkatkan risiko penderita diabetes mengalami stroke atau serangan jantung.

Baca Juga:  Dadang Kurniawan: Pembangunan Ekonomi Harus Jadi Skala Prioritas

Protein pada susu terbukti dapat menjaga kadar gula darah dalam tubuh setelah makan. Hal ini menguntungkan bagi penderita diabetes karena kestabilan gula darah merupakan salah satu target dalam pengobatannya.

Baca Juga:  Inilah 8 Misteri Yang Belum Terpecahkan Di Indonesia

Ketiga. Susu kaya akan kalsium dan vitamin D – Penderita diabetes juga disarankan untuk mengonsumsi cukup kalsium. Alasannya, orang yang menderita kencing manis cenderung memiliki struktur tulang yang lemah sehingga rentan mengalami patah tulang.

Vitamin D meningkatkan penyerapan kalsium dalam tubuh. Kombinasi vitamin D dan kalsium pada susu akan menjaga kepadatan tulang, sehingga risiko terjadinya patah tulang pun akan lebih rendah. (Red)