DLH Kab. Bandung Hanya Mampu Sekali Angkut Sampah di Pasar Sayati

JABARNEWS | KAB. BANDUNG – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bandung mengklaim selalu melakukan pengangkutan sampah setiap harinya di Pasar Sayati Indah, Kecamatan Margahayu, Kabupaten Bandung. Bahkan, pengangkutan sampah sudah terjadwal dan diketahui langsung oleh Kepala UPT Pasar serta pengelola pasar.

“Setiap hari ada jadwal pengangkutan. Bahkan UPT selalu memantau kalau kami melaksanakan pengangkutan,” ujar Kabid Pengelolaan Sampah DLH Kabupaten Bandung, Febi Siti Jubaedah seperti dikutip galamedianews.com, Rabu (3/10/2018).

Baca Juga:  Sekda Jabar Jadi Ketua Tim Penilai PNS Jabar

Febi menuturkan, setiap hari pihaknya mengangkut sampah di Pasar Sayati menggunakan truk. Namun, kesulitan yang dihadapi saat mengangkut sampah adalah jalan menuju tempat pembuangan sampah yang kecil.

Tidak hanya itu, lanjut dia, sampah yang berada di Pasar Sayati juga berasal dari sampah rumah tangga. Sehingga volumenya terus bertambah. Sedangkan kemampuan mengangkut sampah hanya untuk satu truk saja.

Baca Juga:  Bupati Bandung Barat Ancam Kereta Cepat Jakarta-Bandung Tak Masuk RTRW

Selain itu, lokasi Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPAS) Sarimukti di Kabupaten Bandung Barat, yang jauh membuat pengangkutan hanya sekali.

“Kalau pasar (pengelola) sudah siap sampah untuk diangkut, baru kita angkut. Kita minta dua rit, tapi terbatas armada dan lokasi ke TPA jauh,” katanya.

Baca Juga:  Panwascam Jatiwangi Jemput Bola Sosialisasi Pemilu

Menurut Febi, diperlukan penambahan armada untuk mengatasi masalah sampah di Pasar Sayati. Namun, jumlah mobil dan supir yang ada saat ini terbatas.

“Agar sampah di Pasar Sayati tidak menumpuk dan terus bertambah, diperlukan pembatasan supaya sampah yang berasal dari luar pasar tidak dibuang kesana,” ujarnya. (Abh)

Jabarnews | Berita Jawa Barat