Fenomena Embun Es Juga Ada Di Gunung Gede

JABARNEWS | BOGOR – Fenomena embun es ternyata tidak hanya muncul di dataran tinggi Dieng, Jawa Tengah. Baru-baru ini dilaporkan juga terjadi di Alun-alun Barat Surya Kencana Gunung Gede. Video seorang pendaki mengabadikan peristiwa itu.

Pengambil gambar menunjukkan dedauan, tenda, dan tanah rerumputan yang diliputi embun es. Relawan anggota Gede Pangrango Operation (GPO) Agus Mulyana, 34 tahun, membenarkan kejadian embun es itu seperti yang terekam dalam video.

Baca Juga:  Awas! Jangan Termakan Hoax Vaksin Mengandung DNA Babi, Ridwan Kamil Pernah Membuktikannya

“Lokasinya di Alun-alun Barat Surya Kencana tanggal 5 Juli 2018. Waktu pengambilan gambar sekitar pukul enam pagi, biasanya penurunan suhu drastis dimulai dari jam 04.00-06.30, ” ungkap Agus dikutip dari tempo, Minggu (8/7/2018).

Gunung Gede-Pangrango yang meliputi wilayah tiga kabupaten. Yaitu Bogor, Cianjur, dan Sukabumi, di Jawa Barat berketinggian 2.958 meter dari permukaan laut.

Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandung Tony Agus Wijaya mengatakan, saat ini terdapat embun es atau salju di beberapa daerah pegunungan. Kejadian suhu dingin malam hari dan es “salju” di lereng pegunungan disebabkan kondisi meteorologis dan musim kemarau yang saat ini tengah berlangsung.

Baca Juga:  Gempa Danau Toba Terus Berlanjut, BMKG Akan Lakukan Ini

“Pada saat kemarau, memang umumnya suhu udara di malam hari lebih dingin,” katanya,

Pada kondisi kemarau saat ini di Jawa, beberapa tempat yang berada pada ketinggian terutama di daerah pegunungan, akan berpeluang untuk mengalami kondisi suhu udara di permukaan lebih rendah dari titik beku 0°C. Hal itu disebabkan molekul udara di daerah pegunungan lebih renggang dari pada dataran rendah sehingga sangat cepat mengalami pendinginan, terutama pada saat cuaca cerah tidak tertutup awan. (Yfi)

Baca Juga:  Gelar 'Panon Hideung', Agar Museum Kota Bandung Bisa Memasyarakat

Jabarnews | Berita Jawa Barat