Inilah 5 Alasan Mengapa Mahasiswa Wajib Membaca Berita

JABARNEWS | BANDUNG – Sebagian orang mungkin akan menganggap jika memebaca berita itu adalah hal yang membosankan. Terlebih lagi jika berita yang hanya menginformasikan suatu peristiwa maupun gejolak ekonomi.

Bagi generasi milenial dan Z, bermain media sosial itu lebih mengasyikkan. Di situ kita dapat berinteraksi, melihat informasi pertemanan, mengetahui perkembangan dunia infotainmen, dan sebagainya. Namun, jika dihubungkan dengan karier dan masa depan, media sosial tak terlalu banyak menentukan.

Yang paling menentukan karier dan masa depan selepas kuliah adalah pengetahuan, kemampuan, dan keterampilan yang kita miliki. Tak heran orang-orang sukses dulunya adalah orang-orang yang tekun belajar dan berusaha.

Berikut di bawah ini adalah 5 alasan mengapa membaca berita itu penting, diantaranya:

1. Menguasai Perkembangan Terkini

Dengan membaca berita, ada begitu banyak informasi yang bisa anda ingat. Ketika tiba saat menggarap skripsi, melamar pekerjaan, atau bahkan meneliti suatu fenomena, maka anda akan mengingat kembali apa yang pernah anda baca, sehingga itu akan memudahkan anda untuk menentukan topik terkini dan menjawab pertanyaan.

Baca Juga:  Kabupaten Cirebon Masuk 20 Daerah di Jabar Terapkan PSBM, Siap-siap WFH Lagi

2. Sumber Informasi Yang Kredibel

Ada begitu banyak media yang memiliki kredibilitas pada berita-berita yang disajikan dan ada pula media yang kurang kredibel. Kita wajib untuk memilih dan memilah mana yang pantas untuk kita baca.

Saat informasi yang terpercaya kita serap, maka hal tersebut akan membuat kita memiliki pengetahuan yang valid jika dibandingkan dengan hanya bermain media sosial atau bahkan lebih banyak menghabiskan waktu bermain game.

3. Bisa Dijadikan Referensi

Kutipan perkataan dari orang yang ahli pada bidang tertentu dalam berita, tentu saja dapat dijadikan sebuah referensi tulisan anda. Tak hanya itu, terkadang ada artikel yang membahas satu topik yang sama dengan jurusan kuliah anda dan bahkan anda pun dapat membuat kliping dari artikel tersebut. Semakin banyak kliping yang anda buat, semakin banyak rujukan artikel untuk keperluanmu nanti.

Baca Juga:  Satpol PP Genjot Penertiban Di Kota Bandung

4. Melatih Berpikir Secara Logis

Sudah banyak buktinya jika membaca ternyata dapat melatih berpikir logis. Jadi, ketika anda membaca sebuah artikel berita, secara tidak tidak sadar anda dilatih untuk memahami sesuatu secara logis. Jika sebab terjadi, maka akan ada akibat.

Misalnya mengapa ada fenomena suatu penyakit yang muncul, atau kenapa pendapatan domestik bruto suatu negara lebih tinggi dari negara lain. Itu semua bisa anda dapatkan dari membaca, salah satunya adalah membaca berita.

Baca Juga:  Bupati Purwakarta: Sinkronisasi Data Covid-19 di Tingkat Kecamatan, Penting Untuk Kebijakan

5. Anti Hoax Dan Peduli Pada Sesama

Membaca berita dari media yang terpercaya dapat mengurangi informasi yang tidak benar dan tentunya anda tak ingin memperoleh informasi palsu dan menyesatkan bukan? Ya,  itu bisa merugikan anda dan juga orang lain.

Selain itu, ketika ada peristiwa bencana alam yang diberitakan, anda bisa lebih peduli dengan membantu sesama. Anda bisa terjun langsung sebagai relawan, menggalang dana, atau menyebarkan informasi ke teman-temanmu.

Nah, itulah tadi  5 alasan mengapa membaca berita itu penting bagi mahasiswa. Semoga tulisan di atas dapat bermanfaat dan juga menginspirasi anda agar dapat semakin giat untuk mambaca berita. (Fin)

Sumber berita ini dia,bil dari idntimes.com

Jabarnews | Berita Jawa Barat