Jangan Asal Memasak Sayuran Hijau, Beginilah Caranya

JABARNEWS | BANDUNG – Seperti kita ketahui bahwa berbagai macam sayuran hijau seperti bayam, sawi hijau, atau kangkung tentunya menyumbangkan asupan gizi dan serat yang penting untuk diet Anda. Namun jenis-jenis sayur tersebut umumnya disajikan dalam keadaan matang, dan jika salah memasaknya, maka kandungan gizinya pun ternyata dapat hilang. Benarkah?

Percaya atau tidak, memasak sayuran hijau seperti kangkung, sawi, atau bahkan bok choy memang membutuhkan teknik tersendiri. Maklum saja karena sayuran tersebut terlalu keras untuk dimakan mentah, namun akan terasa kurang lezat jika Anda memasaknya terlalu matang. Selain mengurangi kelezatan, proses masak yang terlalu lama pun ternyata dapat mengurangi kandungan gizi dalam sayuran.

Baca Juga:  Tokoh Agama Sebut Vaksinasi Covid-19 Tanggung Jawab Masyarakat

Oleh karena itu, untuk mengakalinya Anda dapat menunggu hingga panci benar-benar panas dan gunakan api besar. Meskipun Anda memasak dengan cara merebus atau menumis, lebih baik Anda menunggunya hingga air atau minyak benar-benar panas, kemudian masukkan sayuran kemudian aduk rata.

Ketika sayuran sudah tampak layu, segera angkat agar sayuran tak kehilangan tekstur renyah.

Baca Juga:  Sky Walk Cihampelas Bakal Dibikin Makin Lebay

Berikut di bawah ini adalah cara memasak sayuran hijau yang benar, yaitu:

  • Persiapkan sayuran yang akan dimasak. Pilih yang tidak terlalu tua atau terlalu muda, dan pilih sayuran dengan kondiisi baik, dengan daun segar yang tidak dimakan ulat. Potong lalu buanglah bagian sayuran yang kurang baik.
  • Cuci bersih sayuran dengan air mengalir hingga bersih.
  • Potong-potong sayuran hijau, menggunakan pisau maupun dengan cara merobeknya.
  • Untuk merebus: Setelah air mendidih, masukkan sayuran dan tutuplah panci. Terus pantau untuk mengetahui kapan sayur nampak layu dan siap untuk diangkat. Tips: Berikan sedikit garam pada air rebusan. Kamu juga dapat menggunakan kaldu sebagai ganti air rebusan.
  • Untuk menumis: Setelah minyak benar-benar panas, masukkan bumbu-bumbu. Tuang sayuran, aduk rata, dan angkat ketika sudah layu.
  • Sajikan.

Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan menginspirasi Anda. (Fin)

Sumber artikel ini diambil dari Beautynesia

Jabarnews | Beriita Jawa Barat

Baca Juga:  Sukses, 13 Produk UMKM Asal Bekasi Diboyong Ke Waralaba Terbesar Di Indonesia