Jangan Sentuh Benda Ini Saat Bertamu Ke Rumah Orang Lain

JABARNEWS | BANDUNG – Rasa ingin tahu saat bertamu mungkin sering muncul bukan? Tak hanya itu, anda pun mungkin ingin menyentuh benda-benda milik si empu rumah.

Benda-benda yang ada di ruangan bisa jadi tidak kamu miliki atau baru pertama kali melihat benda tersebut. Namun, apakah sopan jika anda menyentuh benda tanpa sepengetahuan si empu rumah?

Lain halnya, bila kamu berada di rumah saudara yang bebas menyentuh benda apa pun dan masuk ke kamar. Di rumah orang lain, kamu perlu menjaga etika kesopanan bertamu. Tidak sembarangan menyentuh benda-benda milik si empu rumah.

1.Kulkas

Kulkas menjadi benda pertama yang tidak boleh kamu sentuh saat bertamu. Benda ini bersifat privasi menyangkut kebutuhan primer penghuni rumah. Hindari menyentuh dan membuka kulkas, terutama menyentuh makanan dan minuman di dalam kulkas.

Baca Juga:  Berikut Beberapa Doa Meminta Kesembuhan Ketika Sakit Kepada Allah SWT

2.Hewan Peliharaan

Jika si empu rumah memiliki hewan peliharaan, maka sebaiknya anda harus bertanya terlebih dahulu bila ingin menyentuh hewan peliharaannya. Anda tidak tahu bagaimana respons hewan peliharaan saat disentuh orang lain selain si pemilik rumah.

Hewan peliharaan bisa saja sensitif dan berontak jika disentuh. Lebih membahayakan lagi jika hewan peliharaan pemilik rumah malah melukai anda.

3.Tangga

Jika kamar mandi tidak berada di tingkat atas rumah, maka sebaiknya anda perlu menjauh dari tangga. Hindari rasa penasaran anda untuk naik ke tangga, terkecuali diundang oleh pemilik rumah. Bukan tanpa sebab, anda akan dicap tidak sopan naik bila melihat-lihat ruangan tanpa izin.

Baca Juga:  Satu Keluarga Di Sukabumi Tewas Terbakar, Dipicu Aksi Bakar Diri Ayah

4.Tempat Tidur

Jika pemilik rumah membawa anda ke sebuah apartemen studio yang ada tempat tidurnya, lebih baik anda tidak duduk atau naik di atasnya. Tempat tidur termasuk benda pribadi yang tidak boleh disentuh oleh tamu, terkecuali jika telah diberikan izin oleh pemilik rumah. Anda bisa mencari tempat duduk lainnya, seperti sofa atau kursi meja makan.

5. Perlengkapan Mandi

Anda mungkin akan memerlukan sabun tangan, namun kamar mandi mereka bukanlah sebuah hotel. Ada baiknya anda menanyakan terlebih dahulu sebelum menggunakan sabun, lotion pribadi ataupun barang-barang lainnya.

6. Remote

Sebaiknya, anda tidak menyalakan atau mengganti saluran TV menggunakan remote. Ini juga berlaku pada radio atau pemutar lagu, terkecuali jika memang remote ini diserahkan pemilik rumah kepada anda.

Baca Juga:  Ratusan Pedagang Pasar Purwadadi Ngadu ke Bupati, Ogah Direvitalisasi

7. Komputer

Anda mungkin memiliki ponsel pintar untuk hal-hal mendesak. Tetapi, jika anda benar-benar membutuhkan komputer, maka anda bisa bertanya terlebih dahulu kepada pemilik rumah.

8. Hiasan Rumah

Mungkin sebagian dari anda pernah menyentuh hiasan rumah ketika anda bertamu ke kerumah orang lain. Hal ini harus anda hindari karena mungkin saja si empu rumah tidak merasa nyaman jika anda menyentuhnya. Disamping itu, hiasan tersebut mungkin saja rapuh dan rentan dari kerusakan jika anda sentuh.

Itulah tadi beberapa benda yang sebaiknya tidak anda sentuh saat bertamu ke rumah orang lain. Semoga info di atas dapat bermanfaat bagi anda. (Fin)

Sumber berita ini diambil dari liputan6.com

Jabarnews | Berita Jawa Barat