Kapolres Sumedang: Warga Diminta Hidupkan Siskamling

JABARNEWS | SUMEDANG – Kapolres Sumedang, AKBP Hartoyo, mengajak warga untuk menjaga keamanan dan kertiban di lingkungannya dengan menggiatkan kembali siskamling (sistim keamanan lingkungan).

Menurut Hartoyo, kegiatan siskamling dinilai masih sangat relevan dengan situasi saat ini. Sebab, kegiatan sosial masyarakat seperti itu, tidak hanya mampu mengantisipasi terjadinya tindakan kriminalitas. Namun dapat menditeksi dini, gejala bencana alam yang terjadi di sekitarnya.

Baca Juga:  Beras dan Bansos Tunai Mulai Disalurkan kepada 300 Ribu Warga Cianjur

“Apalagi, sebagian besar wilayah Sumedang, masuk dalam zona rawan bencana longsor dan banjir. Jadi kegiatan siskamling itu, masih sangat relevan untuk terus dipertahankan,” tandas Hartoyo, Minggu (16/12/2018).

Siskamling, sebut Hartoyo, merupakan warisan budaya dari leluhur dalam menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungannya. Kegiatan siskamling juga dapat bermanfaatkan untuk menjalin silaturahmi antara warga.

Baca Juga:  Tiga Pemudik Di Cirebon Terlibat Tabrakan Beruntun, Dua Orang Luka-luka

“Misalnya, dengan alasan kesibukannya masing-masing, mereka jarang bertemu di siang hari. Untuk itu, dengan melaksanakan kegiatan siskamling, mereka bisa bertemu sehingga silaturahmi tetap terjaga,” katanya.

Bahkan untuk meningkatkan motivasi warga dalam kamtibmas, Polres Sumedang berserta Polsek jajaran, gencar melakukan kegiatan patroli dialogis dan berantai.

Baca Juga:  Lima Orang Nakes di Dinkes Garut Alami KIPI, Ini Sebabnya

Melalui kegiatan tersebut, diharapkan akan terbangun situasi yang saling menguatkan, antara aparat dan warga dalam menjaga kamtibmas. “Kegiatan dialogis itu, selain untuk menyampaikan program, juga untuk menyerap berbagai aspirasi warga, yang berkaitan dengan pelayanan kepolisian,” pungkas Hartoyo. (Abh)

Jabarnews | Berita Jawa Barat