Kenali Penyebab Penebalan Dinding Rahim, Salah Satunya Obesitas

JABARNEWS | BANDUNG – Pada kondisi tertentu, penebalan dinding rahim mungkin saja terjadi. Kondisi ini bukanlah kanker, namun wanita yang mengalaminya lebih berisiko mengalami kanker rahim.

Dinding rahim terdalam dibentuk dari lapisan endometrium. Lapisan yang banyak mengandung pembuluh darah ini mengalami perubahan seiring dengan naik-turunnya hormon estrogen di sepanjang siklus haid.

Baca Juga:  Tak Kuat Menahan Deras Air Sungai, Jembatan Penghubung Kampung Adat di Sukabumi Putus

Oleh sebab itu dilansir dari banyak sumber kami berhasil merangkum beberapa penyebab penebalan dinding rahim yakni:

Pertama. Wanita yang Mengalami Menopause – Kondisi ini menyebabkan wanita tidak dapat lagi berevolusi sehingga tubuh tidak dapat memproduksi progesterone secara layak.

Kedua. Berada pada Masa Perimenopause – Perimenopause merupakan suatu kondisi transisi dari seorang wanita yang sebelumnya mengalami menstruasi menuju menopause yang tidak akan menstruasi sama sekali. Ovulasi yang terjadi pada kondisi ini menjadi tidak teratur.

Baca Juga:  Sejumlah Pasar di Garut Gunakan Transaksi Non Tunai, Begini Kata Rudy Gunawan

Ketiga. Melewati Masa Menopause – Wanita yang melewati masa menopause dan telah atau sedang mengkonsumsi estrogen sebagai terapi pengganti hormone juga bisa mengalami hiperplasia endometrium.

Baca Juga:  Operasi Libas 2019, Polresta Cirebon Ungkap 12 Kejahatan

Keempat. Konsumsi Obat dan Mengalami Obesitas – Mengkonsumsi obat yang bertindak sebagai estrogen seperti pil atau obat kontrasepsi juga bisa menyebabkan hiperplasia endometrium.

Selain itu, Mengalami obesitas juga bisa menjadi penyebab terjadi penebalan pada rahim. Biasanya wanita yang terlalu gemuk memiliki resiko dinding rahim mengalami penebalan yang jauh lebih tinggi. (Red)