Komunitas Pemula Ajak Mancing Mania Jangan Tangkap Ikan Belidra Di Jatiluhur

JABARNEWS | PURWAKARTA – Sekilas mirip dengan Black Ghost, Ikan Belidra atau dikenal juga dengan clown knifefish merupakan ikan air tawar yang memiliki bentuk tubuh yang unik.

Ikan Belida selain bisa dikonsumsi juga bisa dijadikan ikan hias karena bentuk tubuhnya yang unik, dengan demikian Ikan Belida menjadi incaran para pemancing.

Makanya, Komunitas Pemancing Muka Lama (Pemula) mengampanyekan gerakan jangan tangkap ikan belidra dan mari bersama menjaga Ikan Balidra agar tetap ada di perairan Jatiluhur.

Baca Juga:  Aher : Pemimpin Itu Harus Amanah

Gerakan tersebut disuarakan Komunitas Pemula demi kelestarian ikan yang menjadi maskot Kabupaten Purwakarta tersebut.

Uniknya, Pemula memiliki cara jitu untuk mengampanyekan gerakan Jangan Tangkap Ikan Balidra tersebut. Yakni, dengan menggelar sosialisasi sekaligus silaturahmi antara pemancing dan menjaga lingkungan dengan cara mancing bersama di wilayah perairan Jatiluhur, belum lama ini.

Wakil Ketua Komunitas Pemula, Lucky Setiawan mengajak kepada seluruh pencinta mancing untuk tidak menangkap Ikan Balidra.

“Biarkan Ikan Balidra menjadi ikan khas yang dapat berkembang biak di perairan Jatiluhur. Sehingga, dapat dikenang dan dikenal ke mancanegara,” ujarnya, Selasa (15/1/2019).

Baca Juga:  Viral! Detik-Detik BNNK Serdang Bedagai Tangkap Terduga Pengedar Narkoba Tanjung Beringin

Lucky meminta kepada seluruh peserta untuk melepaskan kembali ikan tangkapan yang masih bisa tumbuh lebih besar.

“Ikan kecil masih bisa tumbuh maksimal dan itu merupakan salah satu sumbangsih para pemancing untuk senantiasa tetap menjaga lingkungan perairan Jatiluhur,” kata Lucky.

Lucky menerangkan, Komunitas Pemula berkomitmen untuk menjaga kelestarian ikan di perairan Jatiluhur, khususnya Ikan Balidra.

Baca Juga:  Disapa Presiden, Masyarakat Cibatu Garut Sumringah

“Kami juga memiliki komitmen untuk menjaga tali silaturahmi dengan cara memancing bersama, dan tetap menjaga lingkungan,” ujarnya.

Lucky menambahkan, Ikan Balidra merupakan ikan primadona sebagai target mancing di Waduk Jatiluhur, bahkan Kabupaten Purwakarta menjadikannya sebagai maskot.

“Hingga pertengahan 90-an Ikan Balidra masih mudah didapatkan di aliran Sungai Citarum dan Anak Sungai Citarum. Jika dibiarkan mungkin beberapa tahun ke depan Ikan Balidra tinggal namanya saja,” pungkasnya. (Gin)

Jabarnews | Berita Jawa Barat