Meski Menjijikan, Ternyata Inilah Manfaat Lendir Yang Ada Dalam Tubuh

JABARNEWS | BANDUNG – Meski terlihat cukup menjijikan, ternyata mucus atau  lendir yang keluar dari dalam tubuh manusia saat sakit seperti ingus dikala pilek atau dahak ketika batuk tetap memiliki fungsinya.

Hal tersebut diungkapkan oleh seorang Direktur Emory Voice Center dan asisten profesor otolaryngology, bedah kepala dan leher di Emory University, Amerika Serikat, Michael M. Johns III.

“Lendir sangat penting bagi tubuh kita. Ini sama seperti oli di mesin. Tanpa lendir, mesinnya akan melayang,” ungkap Johns.

Baca Juga:  Atasi Banjir, Pemprov Jabar Akan Bangun Kolam Retensi Lebih Besar di Dayeuhkolot

Jaringan yang memproduksi lendir melapisi mulut, hidung, sinus, tenggorokan, paru-paru, dan saluran gastrointestinal. Lendir bertindak sebagai selimut pelindung di atas permukaan ini dan mencegah jaringan di bawahnya mengering.

“Anda harus menjaga mereka tetap lembab, jika tidak, mereka akan kering dan pecah-pecah. Anda akan memiliki celah,” kata Neil L. Kao, profesor di Fakultas Kedokteran University of South California, AS.

Lendir juga bertindak menjebak zat yang tidak diinginkan seperti bakteri dan debu, sebelum mereka masuk ke dalam tubuh, terutama saluran udara yang sensitif.

Baca Juga:  Ini Harapan SPSI Bandung Kepada Dadang Supriatna dan Sahrul Gunawan

“Anda ingin menjaga lingkungan yang steril, bebas dari kotoran,” ujar Johns.

Ia pung menambahkan bahwa tekstur mucus lengket dan tebal dan mempunyai kekentalan yang akan menjebak banyak hal.

Baca Juga:  Ketua AMSI: Sudah saatnya Pemerintah melakukan pencegahan hoax

Lendir juga mengandung antibodi yang membantu tubuh mengenali penyerbu seperti bakteri dan virus. Enzim yang membunuh para penyerang itu adalah sebuah perangkap.

Demikianlah sedikit informasi mengenai mengapa lendir ada dalam tubuh manusia dan semoga informasi ini dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda. (Fin)

Sumber artikel ini diambil dari Webmd

Jabarnews | Berita Jawa Barat