Panen Raya Demplot, Kerja Sama Pemkab Purwakarta Dengan PT Pupuk Kujang

JABARNEWS | PURWAKARTA – Kelompok tani Petir lio baru saja melakukan panen raya demplot padi. Gerakan panen raya dihadiri langsung Penjabat Bupati Purwakarta, Mohammad Taufiq Budi Santoso, didampingi pejabat-pejabat terkait di lingkup Pemerintah Kabupaten Purwakarta, Kapolres Purwakarta, AKBP Twedi Aditya Bennyahdi; dan Direktur Utama PT Pupuk Kujang, Nugraha Budi Eka Irianto.

Panen diselenggarakan di Kampung Kembangkuning, Desa Kembangkuning, Kecamatan Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta, Selasa (28/8/2018).

Penjabat Bupati Purwakarta, Mohammad Taufiq Budi Santoso, mengatakan, gerakan panen raya

Demplot kerja sama Pemerintah Daerah Kabupaten Purwakarta dengan PT Pupuk Kujang ini diharapkan mampu memotivasi para petani dalam memproduksi padi secara maksimal.

Baca Juga:  Pemerintah Kota Bandung Siapkan Inovasi Subsidi dengan Skema Bisnis

“Alhamdulillah pada hari ini kita sudah melakukan panen raya untuk demplot hasil kerjasama Pemda Kabupaten Purwakarta dengan PT Pupuk Kujang. Demplot ini insya Allah akan dikembangkan terus ke depan sehingga nanti bisa lebih banyak lagi demplot-demplot yang bisa bermanfaat untuk petani,” ujarnya.

Lanjut dia, kegiatan yang dilakukan oleh PT Pupuk Kujang bekerja sama dengan Pemda Kabupaten Purwakarta ini nanti akan dijadikan contoh buat petani-petani yang lain yang ada di Kabupaten Purwakarta.

Baca Juga:  Sehari Ada 38.391 Kasus Baru COVID-19, Jawa Barat Terbanyak Kedua

“Tadi Pak Kadis Pertanian menyampaikan berdasarkan hasil pemantauan di demplot tersebut biasanya 4 ton per hektare, namun produktivitasnya meningkat menjadi 7 ton per hektare, dengan bantuan pupuk yang disuplai oleh PT Pupuk Kujang,” ungkap Taufiq.

Sementara, Direktur Utama PT Pupuk Kujang, Nugraha Budi Eka Irianto mengatakan, demplot ini bagian dari edukasi dari PT Pupuk Kujang buat para petani. Demplot di kelompok petani Petir lio, Jatiluhur, hanya 1 hektare, tidak terlalu banyak. Namun, sebetulnya bukan luasannya tetapi titiknya itu yang jauh penting. Jadi makin banyak titik untuk demplot itu makin bagus sekali.

Baca Juga:  BOR di Kota Bogor 29,4 persen, Bima Arya: Kasus Positif Covid-19 Jauh Menurun

“Demplot adalah bagian dari kita untuk mengedukasi petani dan tentunya ini ke depan akan meningkatkan produktivitas pangan khususnya di Purwakarta. Mudah-mudahan kontribusi kita bisa semakin baik, kita punya tim untuk pendampingan petani mulai dari sejak penyiapan lahan hingga panen,” ujar Nugraha. (Gin)

Jabarnews | Berita Jawa Barat