Pemkab – Unpad Sinergi Kembangkan Budaya Sunda

JABARNEWS | SOREANG – Pemkab Bandung dan Unpad menjalin kerjasama dalam mengembangkan mengembangkan program Seribu Kampung.

Rektor Unpad, Med Tri Hanggono Achmad, mengatakan, Unpad sudah melakukan pemetaan untuk pengembangan program Seribu Kampung.

Unpad, lanjutnya, bisa memberikan kontribusi terhadap pembangunan program Seribu Kampung yang dikembangkan oleh Bupati, seperti sektor pendidikan, ekonomi, pertanian, perdagangan, sosial budaya, juga parisiwata.

Baca Juga:  Disnakertrans Jabar: Perusahaan Terdampak COVID-19 Tetap Wajib Bayar THR

“Unpad bisa mem-backup penguatan ekonomi digital. Pengembangan ekonomi ini harus mampu menjaga keunggulan budaya asli kesundaan. Unpad dulu kan berencana punya Pusat Budaya Sunda di kampus. Nah kalau dibangun di kawasan Soreang, yang dekat dengan aktivitas masyarakat, tentu akan lebih bagus,” kata Hanggono, Sabtu (31/3/2018).

Dikatakannya, dengan hadirnya kawasan budaya di Kabupaten Bandung, masyarakat bisa mengetahui budaya sendiri bukan hanya saat acara tertentu.

Baca Juga:  Sikapi Adanya Siswa di Bogor Yang Terpapar Covid-19, Begini Kata DPRD Jabar

“Dengan teknologi yang mumpuni, kemasan kawasan budaya nantinya akan lebih menarik. Saat orang mau melihat kegiatan budaya, tidak perlu menunggu ada pesta. Tapi ada di kawasan ini. Bisa menjadi sarana edukasi, promosi bahkan menjadi objek wisata yang canggih,” katanya, seraya mengatakan, 16 fakultas di Unpad akan mendukung program Seribu Kampung.

Baca Juga:  Terciduk! Aksi Pencuri Sepatu Bekas di Purwakarta Ini Terekam CCTV

Bupati Bandung, Dadang M. Naser, menuturkan, dia akan mendorong seluruh Perangkat Daerah (PD) bekerja menyukseskan program Seribu Kampung.

“Semua lini kita kuatkan untuk mendukung program ini. Semua agenda pembangunan saya harap bisa terdukung melalui riset atau penelitian, supaya penerapannya tepat sasaran dan berhasil,” ucap Dadang. (Des)

Jabarnews | Berita Jawa Barat