Ribuan Buruh Purwakarta Serbu Jakarta, Tolak Upah Murah

JABARNEWS | PURWAKARTA – Sebanyak 2500 buruh yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Kabupaten Purwakarta, berangkat ke Jakarta,  Selasa (1/5/2018). Sebelumnya, para buruh itu berkumpul di kawasan industri Bukit Indah City, Kecamatan Bungursari.

Koordinator Buruh, Ade Supiani, mengatakan, ada sebanyak 40 unit bus dan sejumlah mobil pribadi, menuju Istana negara di Jakarta, untuk menyampaikan berbagai tuntutan buruh.

Baca Juga:  Optimalkan Fungsi TPA, Pemkot Bandung Berencana Terapkan Teknologi Pyrolysis

“Buruh yang tergabung dalam FSPMI Kabupaten Purwakarta dengan buruh dari sejumlah daerah, menyampaikan berbagai tuntutan, di antaranya, tolak upah murah dan cabut PP 78 tahun 2015, turunkan harga tarif dasar listrik dan wujudkan negara sejahtera, wujudkan kedaulatan pangan dan energi, pilih capres 2019 yang pro buruh dan rakyat, serta akhiri kerakusan korporasi,” ucap Ade, Selasa.

Baca Juga:  Ridwan Kamil Usul Resto dan Kafe Outdoor Layani Makan di Tempat

Kapolres Purwakarta, AKBP Twedi Aditya Bennyahdi, saat memantau keberangkatan ribuan buruh di kawasan industri BIC menuju Jakarta, menegaskan, pihaknya akan mengawal langsung keberangkatan buruh hingga Jakarta, dengan menempatkan para personelnya.

“Namun sebelumnya pihak kepolisian telah menginstruksikan kepada sejumlah serikat buruh di Kabupaten Purwakarta, untuk tidak melaksanakan konvoi maupun sweeping ke kawasan industri,” ujar Twedi.

Baca Juga:  Mobile VCT Depok Kali Ini Sasar Pasar Cisalak

Lanjut dia, polisi bersama unsur TNI dan dinas terkait, akan menempatkan personel di kegiatan aksi May Day di Kabupaten Purwakarta, di titik-titik yang telah ditentukan.

“Agar tersentralisir peringatan hari buruhnya, seperti di STIE WIKARA ada kegiatan berkaitan dengan kesehatan, di Kecamatan Cibatu ada lomba memancing, dan nanti di Jatiluhur ada tabligh akbar,” pungkasnya. (Gin)

Jabarnews | Berita Jawa Barat