Sisa Pembakaran Hanguskan Dua Rumah Di Majalengka

JABARNEWS | MAJALENGKA – ‎Dua rumah milik warga di Blok Cikondang, Desa Sukamanggu, Kecamatan Lemahsugih, Kabupaten Majalengka hangus dilalap si jago merah. Api tersebut cepat merambat dan ‎meratakan rumah berukuran 6 x 9 meter.

Kapolsek Lemahsugih, AKP Kusdinar Idris membenarkan pihaknya telah menerima laporan adanya dua rumah warga di Desa Sukamanggu ludes terbakar api.

Pihaknya mengimbau kepada masyarakat untuk menjaga dan mematikan api ketika hendak meninggalkan rumah. ’’Harus benar-benar dipastikan mati apinya. Jangan menyepelekan bara api. Karena kalau sudah tertiup angin, api akan membesar,” tuturnya.

Baca Juga:  Bruakk!! Tiga Ruang Kelas SD Di Subang Ambruk

Ia mengungkapkan, peristiwa kebakaran tersebut terjadi sekitar pukul 13.30, Kamis (2/8/2018). Api berasal dari tungku api yang masih ada bara apinya. Sedangkan angin yang bertiup kencang, membuat api semakin besar.

Baca Juga:  Rupiah Melemah Rp 100 Tiap Hari

’’Kami meminta masyarakat, di musim kemarau ini supaya menjaga rumahnya. Kalau ada percikan yang menyala supaya dimatikan terlebih dahulu sebelum meninggalkan rumah,’’ ungkapnya, Jumat (3/8).

AKP Kusnidar menambahkan dua rumah tersebut tercatat adat milik Sudarma (65) dan Ji’i (45) warga Blok Cikondang, Desa Sukamanggu. Kerugian materill akibat kejadian tersebut diperkirakan mencapai Rp 80 juta.

Baca Juga:  Kelola Air, PJT II Nomor 1 Di Asean

’’Musim kemarau ini membuat semuanya mudah sekali terbakar. Mohon untuk puntung rokok juga atau habis bakar-bakar ngaliwet. Api yang tadinya digunakan supaya disiram. Pastikan api itu benar-benar mati. Kalau tidak begitu, api akan menerangkan bara apinya dan bisa memicu kebakaran,’’ pungkasnya. (Rik)

Jabarnews | Berita Jawa Barat