Vaksinasi Covid-19 Bagi Penyandang Disabilitas, Ini Kata PPDI Purwakarta

JABARNEWS | PURWAKARTA – Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Kabupaten Purwakarta mendukung langkah pemerintah daerah dalam hal percepatan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di masa pandemi saat ini.

Ketua PPDI Kabupaten Purwakarta, Agus Kusnadi mengatakan para penyandang disabilitas yang ada di Kabupaten Purwakarta menyambut baik atas progam vaksinasi covid-19 bagi para penyandang disabilitas dari Kodim 0619/Purwakarta dan pemerintah Kabupaten Purwakarta.

“Alhamdulillah kami sangat bersyukur penyandang disabilitas menjadi prioritas penerima Vaksinasi Covid-19 ini. Pasalnya sangat penting untuk memberikan perlindungan kepada kami para penyandang disabilitas yang rentan terpapar dengan virus COVID-19,” ucap Agus saat ditemui di Rumah Sakit Gunung Putri Purwakarta pada ada Sabtu (24/7/2021).

Baca Juga:  Ini Desa Dan Kecamatan Paling Rawan Peredaran Narkoba Di Sumedang

Menurutnya, ini menjadi bukti itikad dan perhatian dari pemerintah karena telah menempatkan penyandang disabilitas sebagai prioritas, untuk mengatasi pandemi covid-19 yang saat ini masih terjadi.

“Dengan adanya vaksinasi Covid-19 untuk warga disabilitas ini kami ucapkan terimakasih kepada pemerintah, Ibu Bupati dan Pak Dandim yang telah memfasilitasi kami dalam program vaksinasi ini,” tutur Agus.

Menyangkut pelaksanaan vaksin ini, Agus mengaku tidak ada unsur pemaksaan kepada rekan kelompok Disabilitas, akan tetapi dirinya berharap ada partisipasi untuk mensukseskan program vaksinasi Covid-19 ini demi keselamatan pribadi dan orang banyak.

Baca Juga:  Jadi Tersangka Penyerangan Petani Tebu, Taryadi Masih Tetap Anggota DPRD Kabupaten Indramayu

“Dengan program vaksinasi yang inklusif ini, kami berharap teman-teman disabilitas di Kabupaten Purwakarta dapat semakin terlindung dari paparan virus COVID-19. Saya juga mengajak teman-teman disabilitas untuk berpartisipasi aktif dalam Program Vaksinasi Nasional dan tidak perlu ragu untuk melakukan vaksinasi COVID-19 karena vaksin ini efektif untuk menekan penyebaran virus,” ungkapnya.

Agus berujar bahwa kegiatan vaksinasi ini sangat bermanfaat untuk warga disabilitas di wilayah Kabupaten Purwakarta.

“Menuju Disabilitas Sehat, Menuju Indonesia Sehat, rasanya pantas disematkan untuk kegiatan ini. Kami senang karena Warga berkebutuhan khusus di sini bisa mendapatkan akses vaksin,” tutur Agus.

Sementara, Dandim 0619/Purwakarta, Letkol Arm Krisrantau Hermawan mengatakan, pelaksana vaksinasi Covid-19 bagi penyandang disabilitas ini merupakan upaya pemerintah dalam melindungi salah satu kelompok masyarakat berkebutuhan khusus yang harus dilindungi dari risiko penularan Covid-19.

Baca Juga:  Kader PDIP Diingatkan Jangan Terlena Hasil Survei

“Teman-teman disabilitas ini kan juga rawan tertular virus Corona. Karenanya disabilitas menjadi sasaran vaksinasi virus Corona sekarang,” ucap Kris.

Dandim menyebut hal itu sebagai wujud keadilan dalam akses terhadap vaksin Covid-19.

“Apapun kondisinya, mereka berhak untuk mendapatkan perlindungan yang sama. Program vaksinasi bagi penyandang disabilitas ini merupakan wujud keadilan vaksin untuk seluruh rakyat hingga tercapai Indonesia pulih,” ucap Letkol Arm Krisrantau Hermawan. (Gin)