Yuk Berenang, Karena Inilah Segudang Manfaat Yang Akan Anda Dapatkan

JABARNEWS | BANDUNG – Seperti kita ketahui, berenang merupakan olahraga yang cukup banyak diminati oleh sebagian orang dari berbagai usia. Berbeda dengan olahraga permainan, untuk bisa melakukan olahraga ini Anda dapat melakukannya sendiri. Tahukah Anda bahwa ternyata ada banyak sekali manfaat berenang untuk kesehatan? Dan berikut di bawah ini adalah berbagai manfaat olahraga renang, di antaranya:

Manfaat Berenang Bagi Tubuh dan pikiran

1. Melatih seluruh otot tubuh Anda akan bakar kalori berlebih dan membuat Anda lebih berenergi

Berenang akan membuat semua otot tubuh Anda bergerak. Dalam bahasa Inggris, ini disebut dengan full body workout. Tidak harus menggunakan gaya yang berat seperti gaya kupu-kupu untuk menggerakkan seluruh tubuh. Bahkan dengan menggunakan gaya dada yang santai, Anda tetap melibatkan seluruh otot pada tubuh Anda. Berenang juga membakar banyak kalori. Dengan berenang santai, Anda akan membakar lebih dari 200 kalori hanya dalam setengah jam. Jumlah kalori yang dibakar ini lebih banyak dibandingkan dengan berjalan kaki dalam waktu yang sama, yaitu setengah jam.

Jika rutin berenang, Anda akan merasa lebih berenergi. Ini terjadi karena sistem metabolisme tubuh Anda meningkat. Maksudnya, tubuh jadi lebih maksimal dalam menggunakan karbohidrat atau lemak sebagai sumber energi. Hal ini tentu akan membuat Anda jadi lebih bersemangat dalam menjalani hari.

2. Berenang untuk menenangkan pikiran dan mengurangi stres

Ketika Anda tidak tahan dengan kemacetan dan polusi kota atau kehidupan pekerjaan Anda sedang berat, Anda butuh waktu untuk menenangkan pikiran. Berenang secara rutin dapat mengurangi tingkat stres, mengurangi depresi, hingga memperbaiki pola tidur Anda. Berenanglah dengan ringan dan santai untuk mendapatkannya.

Baca Juga:  Tegas! PDAM Tirta Mukti: Pelanggan Tak Pakai Masker Dilarang Masuk

3. Bagi Anda yang malas berkeringat, berenang adalah pilihan tepat

Jika Anda termasuk orang yang malas berolahraga karena tidak ingin berkeringat, maka berenang akan jadi pilihan yang sangat tepat dan menyegarkan. Berenang tidak akan menyebabkan Anda berkeringat karena air akan terus mendinginkan suhu tubuh Anda.

4 .Menjauhkan risiko penyakit dengan berenang

Bukan hanya organ paru-paru yang semakin kuat. Sebagai salah satu olahraga kardio, berenang juga dapat menguatkan fungsi jantung. Detak jantung akan meningkat ketika berenang, apalagi ketika Anda melakukan gaya yang berat seperti gaya kupu-kupu. Olahraga jenis kardio seperti berenang bisa menjauhkan Anda dari risiko penyakit jantung, stroke hingga diabetes (kencing manis).

Meskipun ada banyak manfaat berenang, tentu hal-hal buruk bisa saja muncul seperti cedera. Maka dari itu, perhatikan beberapa hal berikut ini, di antaranya yaitu:

  • Pastikan Anda tahu cara berenang yang benar dan aman.
  • Jangan lupa melakukan pemanasan dan peregangan otot serta sendi sebelum masuk ke dalam air.
  • Ketika di air, rasa harus tidak terlalu terasa sehingga tubuh bisa dehidrasi. Pastikan cairan tubuh Anda terpenuhi dengan banyak minum air.
  • Jangan berlebihan jika Anda baru mulai berenang.
  • Gunakan kacamata renang untuk mencegah mata Anda terasa sakit karena efek klorin pada air kolam.
  • Gunakan pakaian renang yang nyaman dan tidak terlalu ketat.

Manfaat Berenang Untuk Berbagai Kondisi Kesehatan

1. Membantu pemulihan cedera

Air mampu menopang tubuh Anda hingga 90 persen, sehingga tubuh Anda terasa jauh lebih ringan saat di air. Persendian Anda tidak akan sakit karena menopang beban tubuh. Ketika Anda mengalami cedera lutut, Anda tetap bisa aktif berolahraga dengan berenang ringan. Berenang bahkan mampu membantu proses pemulihan cedera Anda. Melinda Ratini, seorang dokter sekaligus ahli perawatan lansia (orang lanjut usia) dari Inggris, mengatakan bahwa jika air kolam bersuhu hangat, maka otot dan sendi Anda akan mendapatkan efek yang baik. Ini terjadi terutama saat Anda sedang dalam pemulihan cedera.

2. Menjaga kehamilan tetap sehat

Bagi Anda yang sedang hamil, gaya apung akan membuat persendian Anda bebas dari beban berat untuk sementara. Anda tetap bisa berenang, kecuali ada masalah tertentu. Jika gaya dada membuat daerah panggul Anda tidak nyaman, gunakan gaya lain.

3. Baik untuk penderita nyeri sendi (arthritis)

Bagi Anda yang terkena arthritis atau radang persendian, berenang akan sangat baik untuk menjaga Anda tetap berolahraga. Olahraga aerobik lain seperti berlari dan melompat mungkin membuat persendian Anda sakit. Bagi Anda yang sakit punggung, olahraga air adalah yang terbaik. Sebuah artikel Clinical Rehabilitation dari Belgia menemukan bukti yang cukup untuk menyimpulkan bahwa berenang adalah yang latihan yang paling aman dan mampu secara efektif meringankan sakit punggung bagian bawah atau low-back pain yang kronis.

4. Mengendalikan kadar gula darah

Bagi Anda yang memiliki diabetes, berenang baik untuk membakar kalori, mengurangi berat badan serta menjaga agar kadar gula darah tetap terkontrol. Bahkan, menurut Berkeley Wellness dari University of California, berenang bisa meningkatkan sensitivitas insulin.

5. Menjaga keseimbangan kadar kolesterol

Jika kolesterol Anda tinggi, berenang juga bisa mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL). Akan tetapi, jika Anda punya penyakit jantung, hipertensi, atau penyakit berat lainnya, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Itulah tadi berbagai macam manfaat dari olahraga berenang yang mungkin belum Anda ketahui selama ini. Jadi, mulai sekarang ada baiknya bagi Anda untuk meluangkan sedikit waktu untuk melakukan olahraga ini, agar badan tetap sehat dan bugar. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan menginspirasi Anda. (Fin)

Sumber artikel ini diambil dari Hellosehat

Jabarnews | Berita Jawa Barat

Baca Juga:  Pemkot Bandung Bagikan Aplikasi Cegah Terjadinya KKN