Begini Cara Membersihkan Rice Cooker Agar Tetap Awet

JABARNEWS | BANDUNG – Rice cooker jadi salah satu peralatan elektronik rumah tangga yang digunakan setiap hari. Penggunaannya yang sering membuat rice cooker ini kerap kali kotor karena serpihan nasi. Namun, bagaimana cara membersihkan rice cooker?

Untuk membersihkan Rice cooker, ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan. Bahkan, cara tersebut terbilang mudah untuk kalian tiru. Dengan begitu kalian bisa membuat rice cooker tersebut bersih kembali.

Berikut beberapa cara membersihkan Rice cooker agar awet yakni:

Baca Juga: Unik, Salah Satu Cakades di Purwakarta Ini Kampanye Prokes Gunakan Sepeda Ontel

Baca Juga: Dedi Mulyadi Nilai Dalil ‘Pamali’ Lebih Efektif Untuk Menjaga Lingkungan

Pertama. Cabut Kabel Listrik Rice Cooker – Sebelum membersihkannya, pastikan kamu telah mencabut kabel listrik Rice cooker. Pastikan rice cooker berada dalam kondisi yang dingin ya sebelum kamu membersihkannya.

Baca Juga:  Meski Pensiun, ASN Diharapkan Tetap Mengabdi

Baca Juga: Dedi Mulyadi Nilai Dalil ‘Pamali’ Lebih Efektif Untuk Menjaga Lingkungan

Baca Juga: Tiga Ide Kerajinan Rotan Yang Multifungsi, Diantaranya Jadi Hiasan Rumah

Kemudian, lepaskan tutup, wadah uap, dan panci dari Rice cooker. Jika perlu, periksa kerusakan kabel atau lakukan perbaikan yang diperlukan.

Kedua. Bersihkan Bagian Dasar Rice Cooker – Rice cooker mengandung elemen pemanas dan komponen elektronik yang tak boleh terendam air. Untuk membersihkan alas Rice cooker, kamu bisa menyeka bagian luar dengan kain lembab untuk menghilangkan remah-remah atau cipratan makanan.

Jika perlu membersihkan bagian dalam alas Rice cooker, gunakan kain bersih yang lembab untuk menyekanya. Jangan lupa untuk langsung mengeringkan bagian dalam setelah selesai membersihkannya.

Baca Juga:  Kapolda Jabar Duga Penyebab Kebakaran Kilang Minyak Pertamina Karena Kebocoran Pipa

Baca Juga: Lima Makanan Ini Menurut Dr. Saddam Ismail Bisa Menghilangkan Jerawat

Baca Juga: Bikin Merinding! Tiga Gunung Keramat Di Jawa Barat Yang Terkenal Dengan Hal Mistis, Ada Kerajaan Gaibnya

Ketiga. Cuci Panci dan Wadah Uap Rice Cooker – Langkah selanjutnya dalam cara membersihkan rice cooker ialah dengan mencuci panci dan wadah uapnya. Cucilah dengan tangan menggunakan air sabun hangat untuk mengatasi noda atau sisa makanan yang lebih keras.

Baca Juga: Keindahan Dari Terasering Persawahan Di Desa Purwaraharja Tasikmalaya, Bikin Rindu Kampung Halaman

Baca Juga: Awas! Bagi Pemilik Kulit Wajah Berminyak Sebaiknya Hindari Kebiasaan Ini, Bisa Sebabkan Jerawat

Baca Juga:  Kajari Subang: Penangkapan Sekda Terkait SPPD Fiktif, Kerugian Rp 835 Juta

Jika terdapat noda membandel di dasar panci, kamu bisa menghilangkannya dengan cuka. Caranya dengan menuangkan satu cangkir cuka putih ke dalam panci dan diamkan selama lima menit.

Baca Juga: Gangguan Kesehatan Mental Meningat Selama Pandemi, Pikobar Buka Layanan Konsultasi Jiwa

Keempat. Bersihkan Bagian Luar Rice Cooker – Jika bagian dalam sudah dibersihkan, kini saatnya kamu membersihkan bagian luar rice cooker. Untuk menghindari penumpukan makanan atau bau tidak sedap, semua bagian rice cooker yang bersentuhan dengan makanan sebaiknya dibersihkan setelah digunakan.

Bagian lain yang tidak selalu kotor, seperti bagian luar dapat dibersihkan sesekali atau sesuai kebutuhan. Karena itu, kalian bisa melakukan beberapa cara ini. ***