Antisipasi PMK, Polresta Cirebon dan Puskeswan Ciledug Sidak Peternakan di Kecamatan Gebang

Petugas Kepolisian Polresta Cirebon bersama Puskeswan saat melakukan sidak Hewan. (Foto: Abdul Rohman/Jabarnews)

JABARNEWS I CIREBON – Polresta Cirebon melaksanakan sidak ke peternakan hewan di Kecamatan Gebang, Kabupaten Cirebon. Sidak yang melibatkan UPTD Puskeswan Ciledug tersebut dalam rangka mengantisipasi penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak, khususnya sapi.

Kapolresta Cirebon, Kombes Pol Arif Budiman, melalui Kasat Binmas, Kompol Tri Silayanto, SH, mengatakan, sidak tersebut untuk memastikan kesehatan hewan yang nantinya akan dikonsumsi masyarakat Kabupaten Cirebon.

Baca Juga:  Pengawasan Lalu Lintas Hewan Antardaerah di Jabar Diperkuat

Pihaknya sengaja melibatkan dokter hewan dari UPTD Puskeswan Ciledug untuk memastikan kondisi hewan ternak tersebut sehat dan aman untuk dikonsumsi. Kegiatan tersebut juga untuk mengantisipasi dan mencegah penyebaran wabah PMK di Kabupaten Cirebon.

Baca Juga:  Bawaslu & Panwaslu Imbau Paslon Tertib Pasang APK

“Alhamdulillah, dari hasil pemeriksaan seluruh hewan ternak di peternakan ini kondisinya sehat dan tidak ada yang terjangkit PMK. Kami menghimbau masyarakat segera melapor ke puskeswan terdekat jika menemukan hewan ternak yang diduga terjangkit PMK,” kata Kompol Tri Silayanto, Jumat (13/05/2022)

Baca Juga:  Berikut Syarat dan Lokasi SIM Keliling Subang Kamis 30 Maret 2023

Sementara Medic Veteriner UPTD Puskeswan Ciledug, drh. Edi Purnomo, mengatakan, seluruh hewan ternak yang diperiksa di peternakan Kecamatan Gebang kondisinya dipastikan sehat dan tidak menunjukkan tanda-tanda terjangkit PMK.