Siap Amankan Pilkades Serentak, Polres Purwakarta Lakukan Apel Gelar Pasukan

JABARNEWS | BANDUNG – Kepolisian Resor (Polres) Purwakarta menggelar apel pasukan dalam rangka pengamanan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tahun 2021 di Kabupaten Purwakarta.

Apel gelar pasukan dengan penerapan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 itu dilaksanakan di Lapangan Patria Tama, Mapolres Purwakarta, pada Jumat 15 Oktober 2021.

Dalam pelaksanaan apel dipimpin langsung oleh Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika, yang didampingi Kapolres Purwakarta AKBP Suhardi Hery Haryanto dan Dandim 0619/Purwakarta, Letkol Arm Krisrantau Hermawan serta dihadiri Forkopimda Kabupaten Purwakarta.

Baca Juga: Bank Indonesia Gandeng UMKM di Cianjur, Ternyata Ini Keunggulan Produk Kelompok Tani Mujagi

Baca Juga: Ridwan Kamil Siapkan Tujuh Ekonomi Baru Pasca Pandemi Covid-19, Apa Saja?

Baca Juga: Bidan Desa Jadi Solusi Vaksinasi Bagi Lansia, Ini Penjelasan Atalia Praratya

Untuk Peserta apel terdiri atas personel Polres Purwakarta, BKO Polres Subang, BKO Polres Karawang, Dalmas Polda Jabar, anggota TNI Kodim 0619/Purwakarta, Satpol PP dan Dishub Kabupaten Purwakarta.

Baca Juga: PD Kebersihan Resmi Dilikuidasi, Pelayanan Sampah Beralih ke DLHK Kota Bandung

Baca Juga:  Inspektorat: Desa Harus Terbuka Soal Anggaran

Baca Juga: Perolehan Medali Jabar Tidak Mungkin Tersalip Daerah Lain, Setiawan Wangsaatmaja: Ini Hasil Keteguhan

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika mengatakan bahwa apel gelar pasukan ini merupakan presentasi dari kesiapan atas tanggung jawab yang diberikan oleh seluruh masyarakat Kabupaten Purwakarta.

Tujuannya, sambung dia, untuk menjamin keamanan, ketertiban dan kelancaran tahapan inti Pilkades Serentak tahun 2021 di Kabupaten Purwakarta.

“Mengingat arti penting dan strategisnya pilkades bagi keberlangsungan kepemimpinan pemerintah Desa, maka kami bertanggung jawab untuk mengawal, menjaga dan mengamankan pelaksanaan Pilkades Serentak tahun 2021 sebagaimana diamanatkan dalam undang-undang,” ucap Anne Ratna Mustika usai gelar apel pasukan.

Di tempat yang sama, Kapolres Purwakarta AKBP Suhardi Hery Haryanto mengatakan ada sebanyak 1.250 personel yang terdiri dari Personil TNI, Polri, Dishub dan Satpol PP Kabupaten Purwakarta.

Baca Juga: Karena Mangkir Bertugas dan Tawar Menawar Kasus, Tiga Hakim Ini Dijatuhi Nonpalu

Baca Juga: Duh, Regulasi Jadi Permasalahan Pelaksanaan Sekolah Terbuka di Kota Depok

Baca Juga:  Anne Ratna Mustika: PPKM Darurat Turunkan Kasus Positif Covid-19 di Purwakarta

Baca Juga: Temui Orang Tua Korban Penganiayaan di Bogor, Uu Ruzhanul Ulum Minta Pihak Sekolah Lebih Tegas

“Saat ini kami sudah persiapkan personel baik dari Polda Jabar yang membackup kita dalam pengamanannya Pilkades Serentak ini, termasuk dari satuan TNI, satuan Satpol PP, maupun satuan dari Polres terdekat seperti Polres Karawang dan Polres Subang,” kata Suhardi Hery Haryanto.

Baca Juga: SEMMI Jabar Kutuk Tindakan Oknum Polisi yang Banting Mahasiswa hingga Kejang-kejang di Tangerang

Baca Juga: Ridwan Kamil Bangun Peradaban Baru di Jabar, Apa Itu?

Menurut Suhardi Hery Haryanto, kegiatan Apel Gelar Pasukan Pengamanan Pilkades Serentak Tahun 2021 ini dalam rangka kesiapan mengamankan pelaksanaan Pilkades guna terciptanya situasi kamtibmas yang aman dan kondusif di wilayah Polres Purwakarta.

Berkaitan dengan pola pengamanan TPS, Kapolres menjelaskan, untuk desa dengan tingkat sangat rawan akan ditempatkan 3 personil dan 2 Linmas. Sedangkan untuk desa rawan, personil yang diturunkan sebanyak 2 anggota dan 2 Linmas.

“Untuk pengamanan di tiap TPS, kita liat jumlah penduduk dan tingkat kerawanannya. Pada satu TPS bisa dua atau tiga orang. Personil yang bertugas tidak boleh lengah dan underestimate, semua harus siap siaga menjalankan tugas sesuai fungsinya masing-masing, demi memberikan rasa aman bagi pihak penyelenggara dan juga masyarakat yang menyalurkan hak suaranya,” tegas perwira polisi yang terkenal dengan keramahannya itu.

Baca Juga:  Dadang Kurniawan Minta Perusahaan Beri Fasilitas Vaksinasi Covid-19 Pada Karyawannya

Dalam pesta demokrasi tingkat desa ini, Kapolres mengingatkan kepada seluruh calon kades, tim sukses maupun masyarakat untuk bersama-sama menjaga kamtibmas yang kondusif, baik menjelang maupun setelah pelaksanaan Pilkades.

Baca Juga: Bank Indonesia Gandeng UMKM di Cianjur, Ternyata Ini Keunggulan Produk Kelompok Tani Mujagi

Baca Juga: Ridwan Kamil Siapkan Tujuh Ekonomi Baru Pasca Pandemi Covid-19, Apa Saja?

Baca Juga: Bidan Desa Jadi Solusi Vaksinasi Bagi Lansia, Ini Penjelasan Atalia Praratya

“Kepada para calon kades maupun tim sukses harus bersaing dengan sehat dan tidak menghalalkan segala cara demi memenangkan pemilihan. Terpenting harus siap kalah dan siap menang,” ujar AKBP Suhardi Hery Haryanto mengingatkan. (Gin)