Manfaatkan Medsos, Pengedar Narkoba Sasar Mahasiswa di Jatinangor Sumedang

JABARNEWS | SUMEDANG – Satuan Reserse Narkoba Polres Sumedang menangkap enam tersangka pengedar sabu dan mengamankan total 8,14 gram sabu dari tangan para tersangka.

Para tersangka dalam pengungkapan kasus narkoba di Sumedang itu ialah TSM alias Black, IL alias Doyok dan AS alias Geletruk. Ketiganya warga Kecamatan Cicalengka, Kabupaten Bandung. 

Sementara tiga tersangka lain, yakni masing-masing ARK, YS dan JR merupakan warga Kota Bandung. Mereka ditangkap berdasarkan pengembangan yang dilakukan Satuan Reserse Narkoba Polres Sumedang.

Baca Juga:  SHT Tak Kunjung Dibayar, FKPPN Jabban akan Tempuh Jalur Pengadilan

Baca Juga: Nekat! Komplotan Pelaku Pembobolan Mesin ATM Beraksi di Kompleks TNI di Bandung

Wakapolres Sumedang Kompol Asep Agustoni mengatakan, tiga tersangka pertama ditangkap pada 23 Oktober 2021. Sehari kemudian, tiga tersangka lainnya turut diamankan.

“Narkoba itu merusak generasi muda kita, makanya upaya pencegahan terus dilakukan,” kata Wakapolres Sumedang, Selasa 26 Oktober 2021.

Menurut dia, para tersangka melakukan peredaran narkoba dengan modus memanfaatkan media sosial (medsos) lalu bertransaksi secara cash on delivery (COD).

Baca Juga:  Penemuan Bayi Dalam Gang Gegerkan Warga Panyusuhan Tasikmalaya

Baca Juga: Marak Kontaminasi Mikroplastik dalam Air Minum Kemasan, Begini Kata BPOM

“Dari ke enam pengedar disita barang bukti jenis sabu dari wilayah Sumedang dan Cicalengka sebanyak 1,47 gram, dan dari wilayah Kota Bandung sebanyak 6,67 gram,” tuturnya.

Berdasarkan pengakuan tersangka kepada polisi, sasaran peredaran dari sabu tersebut adalah kalangan mahasiswa yang berkuliah di kawasan Jatinangor, Sumedang. 

Pasal yang dikenakan kepada ke enam pengedar Pasal 114 ayat (1) dan atau Pasal 112 ayat (1) dan atau Pasal 127 ayat (1) huruf a Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 35 tahun 2009, tentang Narkotika.

Baca Juga:  Pengantin Pesanan Jadi Modus Perdagangan Manusia di Cimahi

Baca Juga: Kemendes PDTT Pertahankan Status Badan Publik Informatif, Terima Penghargaan dari Ma’ruf Amin

Dengan ancaman pidana penjara seumur hidup atau pidana penjara paling singkat 5 tahun dan paling lama 20 tahun, dan pidana denda paling sedikit Rp 1 miliar dan paling banyak Rp 10 miliar.***