Ridwan Kamil Dorong Komunitas Motor Aktif dalam Penanggulangan Bencana

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat menghadiri acara ramah tamah dengan road glider se-Nusantara, yang kemudian dilanjutkan dengan berkendara malam memperingati ulang tahun ke-4 RGOG di Gedung Sate Bandung, Jumat (14/1/2022) malam. (Foto: Biro Adpim Jabar).

“Saya titip supaya di organisasi motor ada divisi kebencanaan, karena (potensi bencana) itu selalu ada. Di Jawa Barat rata-rata terjadi 2.000 kebencanaan per tahun, jumlah hari dalam setahun itu 365 hari, jadi kira- kira dalam sehari terjadi enam bencana di Jabar,” tuturnya.

Baca Juga:  Utamakan Restorative Justice Hukum, Yana Mulyana Fasilitasi Ruang Mediasi Kejaksaan Negeri Kota Bandung

Dari sekian banyak bencana alam yang terjadi di Jabar, lebih kurang setengahnya merupakan bencana hidrologi di antaranya banjir dan longsor. “Jadi kalau kebaikan ini mau distrukturkan, nasehat saya, bikinlah divisi sosial atau kebencanaan. Itu divisi yang penting dan paling sibuk,” ucapnya.

Baca Juga:  Pemkab Ciamis Miliki 14 Armada Baru Atasi Sampah

Lebih lanjut, Ridwan Kamil berharap tahun 2022 disambut dengan kesuksesan, terutama dalam melepaskan diri dari pandemi Covid-19. Kegiatan silaturahim itu juga merupakan bentuk rasa syukur atas surutnya kasus Covid-19.

Setiap kegiatan sudah bisa berjalan dengan kenormalan baru dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Baca Juga:  Ini Hasil Evaluasi Pasca Insiden Tewasnya Dua Bobotoh di Stadion GBLA

“Mari kita tunjukan bahwa semua bisa menjalankan acara dengan lancar dan baik sehingga tahun 2022 fokus pada optimisme, kebangkitan ekonomi, juga pada berita baik dan inspiratif. Selama dua tahun bangsa kita mengalami stres dan krisis yang berat,” ungkapnya.