• Senin, 6 Desember 2021

Anwar Abbas Usulkan Kemenag Dibubarkan, Buntut Pernyataan Kontroversial Gus Yaqut Ini

- Minggu, 24 Oktober 2021 | 16:52 WIB
Wakil Ketua MUI Anwar Abbas. (MUI)
Wakil Ketua MUI Anwar Abbas. (MUI)

JABARNEWS – Wakil Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Anwar Abbas mengusulkan agar Kementerian Agama (Kemenag) dibubarkan. 

Usulan Anwar Abbas itu disampaikan usai Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas menyebut Kemenag adalah hadiah negara spesifik untuk Nahdlatul Ulama (NU), bukan umat Islam secara umum.

Anwar Abbas menyayangkan pernyataan dan cara berpikir Yaqut Cholil Qoumas tersebut. Anwar Abbas pun tidak mau Kemenag tetap dipertahankan jika dikelola pihak-pihak yang berpikiran seperti itu.

Baca Juga: Lestarikan Tiga Pilar Budaya, Begini Cara PPPSI Cianjur Kembangkan Maenpo

"Saya minta Kementerian Agama lebih baik dibubarkan saja karena akan membuat gaduh, di mana mudaratnya pasti akan jauh lebih besar dari manfaatnya," kata Anwar Abbas, dalam keterangan tertulis, Minggu 24 Oktober 2021.

Anwar Abbas menyatangkan pernyataan dan cara berpikir Yaqut Cholil Qoumas. Menurut dia, pernyataan Menag bersifat tendensius, hingga berpotensi menimbulkan perpecahan.

Pasalnya, Menag Yaqut Cholil Qoumas alias Gus Yaqut dalam pernyataannya itu seolah-olah menegasikan peran umat beragama yang lainnya.

Baca Juga: Puluhan Siswa Positif Covid-19 saat PTM, Fortusis Kota Bandung: Tutup Saja!

“Pernyataan ini tentu sangat-sangat kita sayangkan, karena tidak menghargai kelompok dan elemen umat dan masyarakat lainnya,” kata Anwar Abbas.

Halaman:

Editor: Yoyo W

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Alamak! Mensos Risma Memaksa Tunarungu Berbicara

Jumat, 3 Desember 2021 | 15:09 WIB
X