Tergiur Harga Tinggi, 3 Pria Ini Nekat Mencuri Hewan Kurban

JABARNEWS | TASIKMALAYA – Tergiur harga hewan kurban yang tinggi karena jelang lebaran Idul Adha. Tiga pencuri spesialis hewan ternak itu nekat melancarkan aksinya pada Selasa (7/8/2018) dini hari di daerah Bojong Gambir dan Culamega, Kab Tasikmalaya.

Namun sebelum berhasil menjual curiannya, aksi kriminal ketiga pencuri itu keburu ketahuan. Tak ayal, para pelaku pun digiring ke Mapolres Kab Tasikmalaya.

Baca Juga:  Sudah 2021, TOD Kereta Cepat di Walini Belum Ada Izin Tata Ruang

“Iya betul, tadi pagi kami telah meringkus tiga kawanan pencuri hewan ternak untuk kurban, didaerah Bojong Gambir dan Culamega, Kab Tasikmalaya. Mereka biasa beroprasi di Wilayah Priangan Timur, Jawa Barat,” ucap Kasat Reskrim Polres Kab Tasikmalaya AKP Pribadi Atma.

Menurut keterangan tersangka, hasil curiannya itu akan dikirim untuk dijual ke daerah Sukabumi. Dan ketiganya mengaku pernah mencuri belasan ekor sapi dan kerbau di enam titik Priangan Timur.

Baca Juga:  Akibat Konsleting Listrik, Rumah Di Kecamatan Maniis Nyaris Ludes Terbakar

“Hewan ternak curian itu dijual mulai Rp.10 juta hingga Rp.15 juta. Komplotan ini menjual langsung ke pasar kerbau dan sapi,” terangnya.

Pribadi pun menyampaikan modus pelaku, awalnya mereka mengincar kandang hewan ternak yang jauh dari permukiman penduduk dan beraksinya di waktu dini hari.

Baca Juga:  Pemkab Bandung Bisa Dapat Untung Dari Produksi Panas Bumi

“Pada Kerbau dan sapi kemudian dipasang tali di bagian hidungnya supaya tidak berontak,” ucap Pribadi.

Selain menangkap para pelaku, polisi juga menyita barang bukti satu unit mobil bak terbuka dan dua ekor kerbau. Sedangkan untuk ketiga pelaku terancam hukuman enam tahun penjara. (Yud)

Jabarnews | Berita Jabar