Sejarah Baru Persahabatan Purwakarta-Bogor

Tim Ekspedisi Purwacarita bersama Raden Muhammad Padmanegara ( tengah ) Generasi ke 7 dari Dalem Sholawat */ Tim Ekspedisi Purwacarita/

Dalem Sholawat Adalah Umaro Sekaligus Seorang Ulama

Atas kebesaran jasanya tersebut, sebagai pemberi nama Purwakarta serta sebagai perintis pembangunan Purwakarta, sekelompok masyarakat Purwakarta beberapa waktu lalu bernapak tilas menziarahi makam Dalem Sholawat di Kota Bogor.

Koordinator Bela Purwakarta Aa Komara Cakradiparta menuturkan, latar belakang ziarah bersejarah ini.

Baca Juga:  Kinerja Camat di 2 Daerah Ini Mendadak Bakal Dievaluasi Bupati Purwakarta, Ada Apa?

“Ziarah napak tilas yang diberi tema Ekspedisi Purwacarita in bertujuan untuk mendoakan figur yang sangat berjasa bagi Purwakarta, yaitu Dalem Sholawat. Di makamnya beliau di Kota Bogor, kemudian bersilaturahmi dengan keturunan Dalem Sholawat sekaligus menggali informasi kesejarahan tentang beliau yang selama ini belum banyak diketahui oleh masyarakat Purwakarta,” kata dia.

Baca Juga:  VIDEO: Ormas dan Sayap Partai Dukung Anne Ratna Jadi Ketua DPD Golkar Purwakarta

Tim Ekspedisi Purwacarita mengunjungi Masjid Agung At-Thohiriyah yang merupakan Masjid Tertua Pertama di Bogor Raya (sebelum adanya pemisahan Kabupaten dan Kotamadya Bogor) yang didirikan kakek Dalem Sholawat, yang bernama R. Muhammad Thohir, seorang ulama besar pada masa nya. Makam Dalem Sholawat berada tidak jauh dari area masjid.

Baca Juga:  Jadwal Buka Puasa dan Salat Wilayah Purwakarta, Subang, Karawang Kamis 13 April 2023

Masjid ini mengalami banyak pemugaran oleh Dalem Sholawat ketika menjabat sebagai Bupati Bogor.